Pemain Sepak Bola Rentan Terinfeksi Corona

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Pesepakbola dianggap mantan dokter tim Chelsea Eva Carneiro sebagai salah satu sosok yang rentan terkena virus corona.

Hingga Sabtu (14/03/2020), ada 12 pesepakbola di Eropa yang dinyatakan positif corona. Selain itu ada pelatih Arsenal Mikel Arteta yang juga dipastikan terkena corona. Carneiro mengatakan ada beberapa alasan pesepakbola sangat rentan terkena virus corona. Salah satu alasan adalah kebiasaan tidak sehat, seperti menggunakan botol minum yang sama, terutama saat pertandingan atau latihan.

“Sulit untuk meyakinkan pemain dan staf untuk mengubah perilaku yang menyebabkan penyebaran virus, seperti bersalaman atau berpelukan,” ujar Carneiro.

Pesepakbola juga harus berbagi ruang ganti, ruang pertemuan, ruang makan, dan menginap di hotel yang sama. Kondisi itu membuat sang pemain rentan terkena virus.

Carneiro kemudian mengatakan atlet seperti pesepakbola selalu berpikir memiliki imun yang kuat, padahal mereka tidak. Pesepakbola dianggap Carneiro memiliki imun yang rentan karena tingginya aktivitas yang harus dijalani.

“Pesepakbola profesional terbukti memiliki imun yang rentan. Hal ini dikarenakan jumlah pertandingan yang mereka jalani. Aktivitas fisik, bermain di level profesional, dengan menjalani pertandingan setiap 72 jam, ditambah latihan, hal itu menciptakan ketegangan dalam tubuh,” ucap Carneiro. (*)

BERITA REKOMENDASI