Pemain Timnas China Dilarang Bertato

Editor: Ivan Aditya

CHINA, KRJOGJA.com – Federasi Sepak Bola China (CFA) dilaporkan media-media setempat membuat peraturan ketat di timnas China. Salah satu aturannya adalah melarang tato di skuat tersebut saat pertandingan resmi.

Sejumlah pemain di timnas China harus mengenakan manset di kedua tangannya pada laga di Piala China 2018. Sejumlah media di sana memberitakan, para pemain yang memiliki tato harus menutupi tato tersebut dengan manset karena dianggap tidak patut di China.

Bek tengah timnas China Zhang Linpeng bahkan tidak dimainkan pada dua laga skuat itu di Piala China. Padahal, Linpeng merupakan salah satu pemain andalan yang kerap dimainkan sebagai starter pada laga-laga sebelum di turnamen itu.

Pihak timnas arahan Marcelo Lippi sendiri sudah menerangkan Linpeng absen karena cedera. Namun, para fan dan media pun menduga pemain itu tidak dimainkan lantaran memiliki tato di lengan dan lehernya.

Tato memang bukan sesuatu yang familier di China. Meski demikian, beberapa tahun ini seni merajah tubuh itu banyak digandrungi para pemuda China, termasuk pesepakbola, karena menjadi tren di dunia. Pemerintah Komunis China juga mencoba membendung tren tato tersebut. Sebab, tato dianggap tidak sesuai dengan nilai-nilai dan moral yang dianut negara komunis tersebut. (*)

BERITA REKOMENDASI