Siapa Pemain Spesial Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-19?

JAKARTA, KRJOGJA.com – Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengatakan pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19, Shin Tae-yong, takjub kepada satu pemain yang ada di timnya. Bahkan dalam pengakuan Iriawan, Shin Tae-yong menyebut pemain ini sebagai pesepakbola paling potensial yang dimiliki Timnas Indonesia U-19.

Lantas, siapa pemain spesial nan potensial yang dimaksud Shin Tae-yong? Sosok yang dimaksud adalah winger yang kini bermain untuk klub Liga Serbia, FK Radnik Surdulica.

Meski berkarier di Eropa, Witan Sulaeman tidak pernah melewatkan sesi pemusatan latihan yang dijalani Timnas Indonesia U-19. Hal itu mulai dari di Jakarta medio Juli-Agustus 2020, hingga di Kroasia (Agustus-Oktober 2020).

Selama di Kroasia, Witan Sulaeman juga muncul sebagai pemain andalan Shin Tae-yong. Dalam pola 4-4-2 racikan Shin Tae-yong, Witan Sulaeman diandalkan sebagai winger kanan.

Meski beroperasi sebagai winger kanan, bukan berarti pemain jebolan Diklat Ragunan itu tak dapat mencetak gol. Gaya permainannya yang suka menusuk membuat Witan Sulaeman kerap masuk ke pertahanan lawan.

Ujung-ujungnya selama di Kroasia, Witan Sulaeman mencetak tiga gol, termasuk mengemas gol kemenangan 1-0 Timnas Indonesia U-19 atas Dinamo Zagreb. Koleksi tiga gol membuat Witan Sulaeman keluar sebagai top skor Timnas Indonesia U-19 selama pemusatan latihan di Kroasia, bersanding dengan Jack Brown.

“Beberapa pemain kita ada di luar negeri, ada Egy Maulana, lalu Witan yang menurut STY (Shin Tae-yong) sangat potensial di mana kita lihat permainan sangat bagus selama TC di Kroasia,” kata Iriawan kepada awak media.

Sebelumnya, pujian bahkan dilontarkan Shin Tae-yong langsung kepada Witan Sulaeman dan Elkan Baggott. Mantan pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu berharap Witan Sulaeman dan Elkan Baggott konsisten meningkatkan kemampuan olah bolanya.

“Witan dan Elkan sejauh ini memang menjadi pemain inti dari skuad ini. Semoga mereka bisa menjaga level permainannya saat kembali ke klub. Semoga kami bisa menjaga hubungan baik dengan klub agar pemain (Witan dan Elkan) mendapatkan yang terbaik,” kata Shin Tae-yong beberapa waktu lalu.

Sayangnya, Witan Sulaeman sedang mengalami masalah saat ini bersama sang klub. Nama Witan Sulaeman tidak didaftarkan Radnik Surdulica untuk mengarungi putaran pertama Liga Serbia 2020-2021.

BERITA REKOMENDASI