Penggunaan Teknologi VAR di Liga Champions Tunggu Keputusan UEFA

CARDIFF (KRjogja.com) – Gelaran Liga Champions 2016-2017 telah berakhir di mana Real Madrid keluar sebagai juara. Tim berjuluk Los Blancos itu sukses mengalahkan Juventus dengan skor 4-1 pada partai final di Stadion Millennium, Cardiff, Wales, Minggu (4/6/2017) dini hari WIB.

Di tengah keberhasilan Madrid tersebut, tercetus penggunaan teknologi Video Assistant Referee (VAR) dalam panggung Liga Champions musim depan. VAR digunakan untuk membantu kinerja wasit di atas lapangan untuk menghindari kerugian suatu tim.

Penggunaan VAR ini telah digunakan saat Madrid mengalahkan Club America dengan skor 2-0 di semifinal Piala Dunia Antarklub 2016. Saat itu, wasit perlu melihat video rekaman dari teknologi VAR sebelum mengesahkan gol yang diciptakan Cristiano Ronaldo dalam laga tersebut.

Presiden FIFA, Gianni Infantino, mengatakan penggunaan VAR di Liga Champions musim depan masih menunggu keputusan Federasi Sepakbola Eropa atau UEFA. Ia menyebut pihak penyelenggara kompetisi antarklub tertinggi benua Eropa itu sedang berdiskusi terkait teknologi tersebut.

“UEFA akan memutuskan apa yang terjadi di Liga Champions musim depan. Saya harapkan sebagai kompetisi antarklub terbaik di Eropa dan bahkan dunia, kami ada arah ke sana untuk menerapkan penggunaan VAR di masa mendatang,” ucap Infantino, ymengutip dari Football Italia, Minggu (4/6/2017). y.

BERITA REKOMENDASI