Persab Brebes Juara Liga Soeratin 2016

Editor: KRjogja/Gus

SOLO (KRogja.com) – Ambisi Persab Brebes untuk menorehkan sejarah baru benar-benar terwujud, setelah berhasil meraih gelar juara Liga Soeratin 2016 dengan menundukkan Askot Balikpapan 4-1 pada babak final di stadion Manahan Solo, Sabtu malam (10/12). Sukses ini disambut meriah karena dalam sejarah Persab memilki catatan terbaik hanya masuk 5 besar Jawa Tengah pada 1995.

 

Kali ini Persab Brebes menjadi jawara kompetisi sepakbola yunior di tanah air. Sebagai juara, Persab berhak menerima hadiah Rp 250 juta, sedang Askot Balikpapan sebagai runner up Rp 150 juta, urutan III Persib Bandung Rp 100 juta dan urutan IV PS Tanggamus Rp 50 juta.

Kemenangan Persab dibuka lewat gol Rizky Aprilian menit 37. Namun 10 menit kemudian Askot Balikpapan berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 melalui gol Nahum Ngare. Persaingan semakin ketat hingga memasuki jeda.

Di babak kedua Brebes tampil lebih agresif. Pada menit 54 Mario Nurcahyo melesakkan gol ke gawang Askot Balikpapan. Posisi 2-1 semakin memotivasi Persab untuk menambah gol. Dan pada menit 80 Egi Maulana memperkokoh kemenangan dan pada menit 90  Muhammad Ridwan menambah gol menjadi 4-1.

Sementara tim Persib Junior Jr meraih urutan ketiga dengan mengalahkan PS Tanggamus Jr 2-0. Dua gol yang menghantarkan kemenangan tim Maung Bsndung dicetak striker Ilham Qolba Rizky Wiguna menit 18 dan Feri Andriyanto menit 51.

Pelatih Persib Jr, Yadi MulyadI menilai laga perebutan juara tiga cukup sulit, karena Tanggamus memberikan perlawanan sengit. "Kami sempat kesulitan. Di babak pertama anak-anak sempat grogi,. Akibatnya peluang yang dimiliki tak bisa dimanfaatkan dengan baik."

Pelatih Tanggamus, Joko Suwari mengakui timnya kalah kualitas dari Persib Jr. Sejak awal timnya sudah kehilangan konsentrasi. Sementara Persib lebih kuat, terutama fisik para pemainnya luar biasa. "Dan kami masuk empat besar sudah menjadi prestasi sendiri," katanya. (Qom)

BERITA REKOMENDASI