Pertandingan Zona Timur Piala AFC 2020 Resmi Ditunda Akibat Virus Korona

Editor: Agus Sigit

KUALA LUMPUR, KRJOGJA.com – Federasi Sepakbola Asia (AFC) mengambil keputusan tegas terkait larangan bepergian akibat mewabahnya virus Korona di wilayah Asia Timur. Semua laga yang melibatkan klub-klub Asia Timur pada Piala AFC 2020 resmi ditunda hingga April 2020.

Seperti diketahui, babak grup Piala AFC dibagi menjadi beberapa zona, yakni Barat (Asia Barat), Timur, Selatan, dan Asia Tenggara (ASEAN). Mengingat virus Korona tengah mewabah di sebagian besar negara Asia Timur, maka negara-negara tersebut memberlakukan kebijakan ketat soal larangan bepergian.

Dampak dari larangan bepergian itu adalah penundaan laga Kualifikasi Piala AFC 2020 antara Ulaanbaatar City FC (Mongolia) melawan Taipower Company (Taiwan) pada Zona Timur. Laga tersebut sedianya dilangsungkan pada 12 Februari 2020, tetapi ditunda hingga 7 April mendatang.

“Mempertimbangkan keseluruhan pengaturan logistik serta persiapan pertandingan klub yang berpartisipasi di Zona Timur, AFC sudah memutuskan menunda semua pertandingan kualifikasi, play off, dan babak grup Zona Timur, dan akan dimulai lagi pada 7 April 2020,” bunyi pernyataan AFC seperti tertera di situs resmi, Rabu (12/2/2020).

Menilik jadwal baru, maka Ulaanbaatar City FC dan Taipower Company akan memainkan dua leg pada 7 dan 14 April 2020 dengan klub yang disebut pertama bertindak sebagai tuan rumah lebih dulu. Pemenang dari laga tersebut akan berjumpa Kitchee FC (Hong Kong) pada 21 April 2020 untuk memperebutkan satu tempat di Grup I.

Berbeda dengan yang lain, Zona Timur yang hanya ditempatkan pada Grup I Piala AFC 2020 baru akan memainkan matchday pertama pada 6 Mei mendatang. Sebab, mereka masih menunggu satu peserta untuk melengkapi grup yang dihuni Must CPK (Makau), Tatung FC (Taiwan), dan Wofoo Tai Po (Hong Kong).

BERITA TERKAIT