Piala AFF, Singapura Pemilik Gelar Terbanyak

PERHELATAN Piala AFF 2012 jadi tahunnya Singapura. Bagaimana tidak, Singapura berhasil mengukuhkan diri sebagai pemilik gelar terbanyak di turnamen sepakbola antarnegara Asia Tenggara tersebut pada 2012.

Hasil mengecewakan pada 2010, yang mana hanya mencapai babak grup, mampu dibayar lunas Singapura di Piala AFF 2012. Di babak grup Piala AFF 2012, Singapura mampu keluar sebagai juara Grup B.

Di Grup B, Singapura satu grup bersama Indonesia, Laos, dan tuan rumah Malaysia. Usai memenangkan dua laga dan hanya sekali mengalami kekalahan, serta unggul selisih gol dari Malaysia, posisi juara grup pun berhak menjadi milik The Lions -julukan Timnas Singapura.

Langkah Indonesia sendiri tuntas di babak grup lantaran hanya mampu menduduki posisi tiga Grup B. Tim Garuda meraih empat poin, hasil dari satu kemenangan, satu hasil imbang, dan satu kekalahan. Hasil tersebut pun jadi penurunan bagi Indonesia yang pada Piala AFF 2010 mampu mencapai babak final.

Beralih ke babak semifinal, Singapura bertemu dengan Filipina yang menjadi runner-up Grup A, sedangkan Malaysia selaku runner-up Grup B, bertemu dengan Thailand selaku juara Grup A. Di babak empat besar ini, Timnas Negeri Singa tersebut menang 1-0 dari Filipina.

Di babak final, Singapura berhadapan dengan Thailand, yang sebelumnya mengalahkan Malaysia dengan skor 3-1. Di leg pertama babak final yang berlangsung di markas Singapura, tuan rumah menang atas Thailand dengan skor 3-1.

Sementara di leg kedua yang berlangsung di Bangkok, Thailand keluar sebagai pemenang dengan skor 1-0. Namun, Singapura tetap keluar sebagai juara lantaran menang dengan agregat 3-2. The Lions pun sukses membawa pulang gelar juara keempat di Piala AFF dan mengukuhkan diri sebagai pemilik trofi terbanyak, mengungguli Thailand yang baru mengoleksi tiga. 
Gelar Individu Piala AFF 2012

Top Skor: Teerasil Dangda (Thailand, 5 Gol)

Pemain Terbaik: Shahril Ishak (Singapura)

(*)

BERITA REKOMENDASI