Prancis Permalukan Italia

BARI (KRjogja.com) – Laga debut Giampiero Ventura menangani Italia berakhir pahit. Gli Azzurri dipaksa bertekuk lutut oleh Prancis dengan skor 1-3, meskipun bermain di kandang sendiri yakni Stadio Comunale San Nicola, Jumat (02/09/2016).

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Ventura sama sekali tidak mengubah formasi andalan Italia dalam beberapa tahun terakhir yakni 3-5-2. Nama-nama lama seperti Gianluigi Buffon hingga Graziano Pelle pun dipasang sebagai starter. Sementara Prancis juga memasang 11 pemain terbaiknya, kendati ini hanyalah berlabel friendly match.

Gol pertama diciptakan Prancis melalui Anthony Martial pada menit 17. Menerima umpan Paul Pogba, penyerang yang membela Manchester United tersebut melepaskan tendangan jarak dekat yang menembus jala gawang Italia.

Tidak butuh waktu lama bagi Italia untuk menyamakan skor. Pasalnya, Pelle berhasil mencetak gol pada menit 21 usai memanfaatkan umpan Eder. Tak pelak, tempo pertandingan meningkat setelah dua gol terjadi dalam waktu yang berdekatan.

Publik San Nicola kembali dibuat bungkam oleh Prancis setelah Olivier Giroud mencetak gol pada menit 28. Hebatnya, penyerang bertubuh jangkung tersebut merobek gawang Buffon melalui tendangan voli. Kedudukan 2-1 untuk keunggulan Prancis menutup paruh pertama.

Babak Kedua

Prancis langsung menekan dan memiliki peluang untuk mencetak gol melalui kaki Andre Pierre Gignac. Umpan terobosan Sidibe lantas ditendang Gignac, namun bola belum mengarah ke gawang Italia.

Italia merangkai serangan dengan apik melalui sisi kanan. Antonio Candreva lantas melepaskan umpan lambung yang cukup membahayakan pertahanan Prancis. Pelle meloncat tinggi dan melakukan sundulan, tapi bola tidak menuju ke arah yang tepat.

Italia untuk yang ketiga kalinya kebobolan pada pertandingan ini. Pada menit 81, Kurzawa mengubah skor menjadi 3-1 dengan tendangan kerasnya yang mengarah ke tiang dekat gawang Donnarumma. Pogba memberikan assist untuk gol itu.

Kali ini giliran Pogba sendiri yang mengancam gawang Italia. Pemain termahal dunia tersebut melepaskan tendangan bebas kencang yang bisa ditepis Donnarumma. Hingga laga berakhir, skor 3-1 untuk keunggulan Prancis tidak berubah.

Susunan Pemain

Italy (3-5-2): Buffon/Donnarumma; Barzagli/Montolivo, Astori, Chiellini; Candreva, Bonaventura/Verratti, Parolo, De Rossi/Rugani, De Sciglio/Florenzi; Eder/Belotti, Pelle.

France (4-3-3): Mandanda; Sidibe, Varane, Koscielny/Umtiti, Kurzawa/Digne; Pogba, Kante, Matuidi; Griezmann/Dembele, Giroud/Gignac, Martial/Payet.

Hasil pertandingan persahabatan lainnya:

Belanda 3-2 Yunani

Belgia 0-2 Spanyol

Portugal 5-0 Gibraltar

(*)

BERITA REKOMENDASI