PSG Beri Kekalahan Perdana untuk Man United

MANCHESTER, KRJOGJA.com – Manchester United menjamu Paris Saint-Germain dalam leg I babak 16 besar Liga Champions 2018-2019 di Old Trafford, Rabu (13/2/2019), dini hari WIB. Pertandingan itu berjalan dengan sengit pada babak pertama. Akan tetapi, pada babak kedua PSG mampu mendominasi Man United sehingga mereka bisa membuat dua gol ke gawang Man United. Dua gol itu mengantarkan PSG meraih kemenangan penting pada leg I babak 16 besar Liga Champions.

Babak Pertama

PSG memulai pertandingan lebih dulu tetap penguasaan bola tim asuhan Thomas Tuchel itu dengan mudah direbut Man United. Momentum itu pun dimanfaatkan Man United untuk mengurung PSG di pertahanannya sendiri.

Kendati demikian, pertahanan PSG masih amat rapat dan sulit untuk ditembus oleh Man United. Terlalu asyik melakukan serangan berakibat pada lengahnya pertahanan Man United. Hal itu pun dimanfaatkan PSG untuk melancarkan serangan balik melalui Angel Di Maria pada menit keenam. Patut disayangkan, bola sepakan Di Maria masih menyamping ke sisi kiri gawang Man United yang dijaga David De Gea.

Tiga menit berselang, Man United balik menekan melalui penyerang muda mereka, Marcus Rashford. Rashford mampu melepaskan tembakan keras dari sudut sempit tetapi usaha itu masih dapat digagalkan oleh penjaga gawang PSG, Gianluigi Buffon.

Setelah itu, kedua tim pun silih berganti melakukan serangan demi membuat gol pembuka pada pertandingan itu. Akan tetapi, penyelesaian akhir tampaknya masih menjadi masalah bagi Man United dan PSG, sehingga belum ada gol yang tercipta sampai menit ke-33.

Pada menit ke-42, Man United mendapatkan kesempatan untuk melancarkan serangan ke pertahanan tim tamu. Akan tetapi usaha itu hanya berbuah tendangan sudut bagi The Red Devils -julukan Man United. Setelahnya, tendangan sudut juga gagal dikonversikan menjadi gol oleh Man United sehingga skor 0-0 belum mengalami perubahan.

Mendekati akhir babak pertama terjadi jual beli serangan yang intens oleh kedua tim. Akan tetapi, hingga waktu turun minum tiba skor kacamata tetap tak mengalami perubahan

Babak Kedua

Pada babak kedua, Man United tak mendapatkan penguasaan bola layaknya 45 menit pertama. Kali ini giliran PSG yang mendapatkan penguasaan bola dan lebih banyak melancarkan serangan ke pertahanan Man United.

Pada menit ke-53, PSG mendapatkan sepak pojok pertamanya pada babak kedua. Di Maria mengirimkan umpan matang dari sepak pojok yang disambut sepakan keras Presnel Kimpembe. Bola yang disepak Kimpembe itu mengoyak jala gawang Man United sehingga kedudukan pun berubah jadi 0-1 untuk keunggulan PSG.

Man United yang tak mau kalah pun berusaha melancarkan serangan demi mmebuat gol penyeimbang kedudukan. Akan tetapi, PSG justru mampu menambah keunggulan lagi tujuh menit setelah gol pertama.

Aktor dari gol kedua PSG ini adalah Kylian Mbappe. Pemain berpaspor Prancis itu mampu menuntaskan umpan datar dari Di Maria guna membuat De Gea memungut bola untuk kedua kalinya dari gawang Man United.

Tertinggal dua gol dalam waktu singkat membuat permainan Man United menjadi kacau. Sementara itu, PSG lebih nyaman menerapkan strateginya setelah mengantongi dua gol tandang di Old Trafford.

PSG pun berusaha untuk menurunkan tempo permainan untuk menjaga keunggulan dua gol yang mereka miliki. Akan tetapi, strategi itu justru membuat Man United mendapatkan angin kedua untuk membuat gol ke gawang PSG.

Man United pun mengambil alih kendali permainan dengan lebih banyak berinisiatif untuk melakukan serangan. Akan tetapi, usaha Man United untuk membuat gol bertambah berat saat Paul Pogba mendapatkan kartu kuning kedua dari wasit akibat melanggar Dani Alves.

Kehilangan Pogba membuat Man United berada di bawah tekanan PSG hingga pertandingan selesai. Akibat kekalahan itu maka Man United harus merasakan kekalahan untuk pertama kalinya dalam masa kepelatihan Ole Gunnar Solskjaer.

Berikut susunan pemain Man United vs PSG di Liga Champions.

Man United (4-3-3): David de Gea; Ashley Young, Eric Bailly, Victor Lindelof, Luke Shaw; Ander Herrera, Nemanja Matic, Paul Pogba; Marcus Rashford, Jesse Lingard, Anthony Martial.

PSG (4-3-3): Gianluigi Buffon; Thilo Kehrer, Thiago Silva, Presnel Kimpembe, Juan Bernat; Marco Verratti, Marquinhos, Julian Draxler; Dani Alves, Kylian Mbappe, Angel di Maria. (*)

BERITA REKOMENDASI