PSS Kalah Tipis Saat Hadapi Persebaya, Kesalahan Penjaga Gawang Jadi Persoalan

Editor: Ivan Aditya

BALI, KRJOGJA.com – PSS harus mengakui keunggulan Persebaya di laga lanjutan BRI Liga 1, Sabtu (29/01/2022) malam dengan skor akhir 0-1. Sebiji gol Taisei Marukawa menit 55 menjadi malapetaka bagi Super Elja di pertandingan malam tadi.

PSS sempat telat panas di paruh pertama, dan lama menemukan pola permainan yang diinginkan. Di sisi lain, Persebaya lebih nyaman, memperagakan permainan atraktif yang selama ini menjadi andalan.

PSS seolah baru tersengat usai gol di paruh kedua. Bagus Nirwanto CS berulang kali mengurung lini pertahanan Persebaya, namun memang tak kunjung bisa memecah telur.

Gol Persebaya muncul karena kesalahan Mizwar Saputra di bawah mistar. Mizwar yang mendapat bola bek pas dari Bagus, ragu-ragu mengambil keputusan antara hendak buildup atau clearance.

Bola tanggung itu jatuh di kaki pemain Persebaya, Bruno yang lantas merangsek masuk dari kanan pertahanan melepaskan umpan silang berbahaya. Taisei Marukawa yang masuk ke kotak 16 tanpa ampun menceploskan bola ke gawang Mizwar.

Persebaya yang unggul tak mengendurkan serangan. Dua legiun asing Taisei Marukawa dan Bruno Moreira berhasil menjalankan tugas dengan baik, memulai serangan-serangan balik berbahaya bagi pertahanan Sleman.

PSS yang sebenarnya mengurung pertahanan Persebaya seolah belum bisa menyudahi kebuntuan. Wander Luiz tak juga mendapat rejeki, gol pertama berseragam lambang Candi hingga akhirnya pertandingan selesai dengan skor 0-1.

Usai pertandingan, Pelatih I Putu Gede mengamini dalam laga ketat, satu kesalahan bisa dihukum kejam oleh lawan. Terbukti saat PSS melawan Persebaya malam ini.

“Persebaya tim mapan seperti Arema, satu kesalahan saja bisa berbahaya dan menjadi keuntungan untuk mereka. Peluang Persebaya tidak banyak yang bahaya tapi hanya satu kesalahan itu saja,” ungkap Putu pada awak media.

Meski demikian, Putu Gede tetap melempar apresiasi pada anak asuhnya. Mereka menunjukkan semangat kerja keras meski itu baru muncul setelah tertinggal satu gol.

“Penampilan para pemain luar biasa, mereka menunjukkan mau bekerja keras. Reaksi pemain setelah kebobolan itu yang seharusnya dilakukan sejak awal pertandingan. Pemain selama ini berusaha menampilkan apa yang kita lakukan di latihan, ini yang saya apresiasi. Hari ini memang Persebaya lebih cerdik dan unggul,” sambungnya.

Skuad PSS menurut Putu akan terus berproses ke depan, menyambut laga kontra Persik Kediri. Mereka akan kembali berlatih dan membenahi beberapa kekurangan di laga ini

“Mental pemain yang akan jadi bahan evaluasi, menghadapi Persik ke depan. Mereka tim mapan juga, pemain harus berani pegang bola  dan berani menekan, ini yang perlu ditampilkan,” pungkas Putu. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI