PSS Sleman Pesta Gol ke Gawang Kalteng Putra

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN(KRjogja.com) – PSS Sleman berhasil unggul jauh dalam laga kandang terakhir babak 16 besar ISC B Grup B melawan Kalteng Putra di Stadion Maguwoharjo Minggu (6/11/2016). Tak tanggung-tanggung lima gol digelontorkan oleh anak asuhan Seto Nurdiantoro.

 

Tim tamu Kalteng Putra sebenarnya mampu unggul terlebih dahulu melalui gol cepat Paul Yohanes Yukey menit ke-12 babak pertama. Gol tersebut terbilang mengagetkan lantaran lini belakang PSS yang dikomando Eko Pujiyanto dan Bagas Adi Nugroho tak menyangka tusukan Paul Yohanes yang diakhiri sepakan terukur mampu menembus jala gawang Nanda Pradana.

Gol tim tamu itu seakan menyengat anak-anak PSS yang kemudian berusaha berbalik menyerang dari sisi kanan maupun kiri yang ditempati Kito Chandra dan Tri Handoko. Puluhan ribu suporter PSS akhirnya bisa bersorak setelah Tri Handoko mampu mencetak gol menit ke-19 setelah mendapatkan umpan manis dari Kito Chandra yang melakukan tusukan di sisi kiri.

Di babak pertama ini, lepas dua gol tersebut, permainan kedua tim cenderung lambat di mana PSS banyak menggulirkan bola di tengah untuk membongkar pertahanan Kalteng yang digalang Wahyu Tanto dan Wahyu Hendro. Sementara tim tamu lebih banyak turun di lapangan sendiri sembari menanti pemain PSS melakukan kesalahan dan mengandalkan counter attack. Tercatat sekali Kalteng Putra meraih peluang berbahaya sementara bagi tuan rumah praktis tak ada serangan berarti di sepanjang sisa 45 menit.

Memasuki babak kedua, anak-anak Sleman memilih mengambil inisiatif menyerang. Beberapa kali tercatat Dave Mustaine, Busari dan Rizky Novriansyah memiliki peluang saat bisa lepas dan berhadapan langsung dengan gawang. Namun penampilan cemerlang Dede Pranata berhasil mengandaskan peluang juru gedor PSS tersebut.

Kebuntuan akhirnya usai setelah 'the lucky one' Kito Chandra mampu melesakkan plessing manis ke sisi kiri gawang Kalteng Putra menit ke-52. Bola tak mampu dihalau Dede dan skor pun berubah 2-1 untuk PSS Sleman.

Selepas gol tampaknya tuan rumah semakin tampil percaya diri dan terus membombardir pertahanan Kalteng Putra. Hasilnya, Rizky Novriansyah mampu menceploskan gol melalui sundulan kepala menit ke-57 memanfaatkan umpan Eka Angger dari sisi kiri, skor pun berubah 3-1 untuk tuan rumah.

Tak lama berselang, petaka tim tamu kembali berulang usai umpan tarik Dirga Lasut salah diantisipasi lini belakang Kalteng Putra. Bola yang meluncur dengan melintir jatuh di tiang jauh dan masuk ke gawang dan sekaligus mengubah skor menjadi 4-1 pada menit ke-65.

Tak hanya itu, PSS kembali mampu menjauh lima menit kemudian usai kapten Busari berhasil menceploskan plessing terukur ke sudut gawang. Dede Pranata yang sempat tampil apik di awal babak kedua pun terpaksa memungut bola untuk kelima kali dalam pertandingan kali ini.

Di sisa 20 menit laga berjalan, tak ada lagi gol tercipta dari kedua tim. PSS sebenarnya sempat mendapatkan peluang melalui Dicky Prayoga yang masuk menggantikan Kito Chandra di menit ke-76 namun sayang bola tendangan pemain mungil ini masih menyamping di kiri gawang Kalteng Putra.

Hingga waktu 90+3 diberikan wasit M Nizar asal Jawa Timur skor tak lagi berubah 5-1 untuk PSS Sleman. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI