PSS Tahan Persija di Maguwoharjo

SLEMAN (KRjogja.com) – Tuan rumah PSS Sleman mampu menahan imbang Macan Kemayoran Persija Jakarta dalam partai ujicoba di Stadion Maguwoharjo, Minggu (250/9/2016) sore. Kedua tim berbagi gol dengan skor akhir 2-2. 

Babak pertama PSS memilih bermain dengan 4-2-3-1 dengan menempatkan pemain anyar Bijahil Chalwa menjadi striker tunggal. Lini tengah PSS pun tampak hidup lantaran Busari dan Dave Mustain bebas berkreasi karena ditopang gelandang jangkar baru Aulia Ardli. 

Pada menit ke-22 Dave Mustain mampu menyelesaikan eksekusi tendangan bebas dari jarak yang cukup jauh setelah sebelumnya Bijahil Chalwa dijatuhkan oleh gelandang Persija Amarzukih. Bola lengkung Dave Mustain meluncur keras di sudut kiri gawang Reky Rahayu dan mengubah skor menjadi 1-0 untuk tuan rumah. 

Di babak kedua, pelatih PSS Seto Nurdiantoro mencoba mengubah strategi dengan memasukkan Rizky Novriansyah untuk berduet dengan Bicahil Chalwa. Namun sayang, gawang PSS malah kebobolan setelah Pacho Kegmongne mampu memanfaatkan umpan kepala dan mengecoh kiper anyar Nanda Pradana. Skor pun berubah imbang 1-1 pada menit ke-49. 

Tim tamu, Persija tampak lebih mendominasi di awal babak kedua terbukti beberapa kali striker kawakan Bambang Pamungkas membahayakan gawang Nanda Pradana melalui sundulan-sundulan mautnya. Namun tercatat Nanda melakukan penyelamatan penting menggagalkan sundulan Bepe. 

Masuknya Dirga Lasut dan Jordi Kurniadi di 20 menit babak kedua ternyata membawa perubahan bagi tuan rumah. Keduanya mampu membuka ruang bagi Dicky Prayoga dan Rizky Novriansyah untuk melakukan umpan satu dua. 

Hasilnya, Rizky Novriansyah mampu melesakkan plessing manis ke gawang Persija pada menit ke-68 setelah sebelumnya melakukan kerjasama satu dua dengan Dicky Prayoga dan Busari. Papan skor pun berubah 2-1 untuk PSS. 

Kematangan pemain-pemain Persija pun terlihat di akhir laga saat kerjasama di dalam kotak penalti diakhiri dengan shoot kaki kiri Rachmat Afandi. Papan skor pun kembali berubah menjadi 2-2 tepatnya di menit 90+1. 

Seto Nurdiantoro mengaku cukup puas dengan permainan anak asuhnya dalam partai ujicoba tersebut. "Motivasi anak-anak bagus dan kita banyak belajar dari Persija karena mereka tim yang berpengalaman," terangnya. 

Komentar senada juga diungkapkan pelatih Persija M Zein Al Hadat, yang mengaku bisa leluasa menjajal seluruh pemain dan strategi jelang bergulirnya ISC A 2 Oktober nanti. "Kami bisa coba formasi baru 4-4-2 dan seluruh pemain bisa punya kesempatan tampil, ini cukup bagus untuk tim kami," ungkapnya. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI