PSSI Purworejo Gelar Kompetisi Sepakbola Usia Dini

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Asosiasi Kabupaten (Askab) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Purworejo menggelar kompetisi sepakbola anak usia dini, di lapangan Batalyon Mekanik (Yonmek) 412 BES Purworejo, mulai Minggu (3/3/2019). Kompetisi resmi antarklub itu mempertandingkan atlet kelompok umur U-11 dan U-13. 

Kompetisi kerjasama Askab PSSI Purworejo dengan Yonmek 412/BES itu diikuti sepuluh klub untuk kelompok U-11 dan sepuluh tim U-13. Masih ada sejumlah klub yang absen karena terlambat mengetahui apabila lomba itu adalah kompetisi resmi Askab PSSI Purworejo. "Kompetisi berlangsung selama lima minggu, harapan kami tahun depan lebih banyak yang ikut," kata Ketua panitia kompetisi, Dono Pranoto, kepada KRJOGJA.com, disela kompetisi.

Pertandingan menggunakan sistem setengah kompetisi. Untuk kompetisi U-11 pertandingan selama 2 x 15 menit dan U-13 lama permainan 2 x 25 menit. Adapun pemain yang tidak masuk tim utama, akan bertanding dalam partai eksebisi yang diselenggarakan disela kompetisi.

Lantaran masih anak, kompetisi dilakukan pada lapangan berukuran 40 x 60 meter. "Ukuran bola juga lebih kecil, yakni nomor 4, kompetisi dewasa menggunakan nomor 5," ucapnya.

Sementara itu, Ketua Askab PSSI Purworejo Angko Setyarso Widodo mengatakan, kompetisi merupakan bagian pembinaan atlet muda. "Sesuai visi kami, pembinaan sepakbola harus dilakukan berjenjang, mulai U-11, U-13, U-14, U-15 dan seterusnya hingga tim senior. Agar muncul atlet yang bagus, pembinaan harus dari usia dini," ungkapnya.

Menurutnya, muara dari kompetisi adalah terbentuknya bank pemain muda Purworejo. Pesepakbola berbakat akan dikumpulkan dalam satu wadah yang akan dilatih intensif bekerjasama dengan Yonmek 412/BES. PSSI Purworejo akan menerapkan sistem promosi dan degradasi untuk merotasi para pemain. Meski demikian, para pemain tersebut tetap berstatus milik klub.

"Polanya sama seperti timnas, bank pemain ini tim intinya Purworejo. Kalau ada kompetisi resmi antar askab tingkat provinsi atau nasional, mereka tinggal dipanggil untuk berlatih dan bertanding memperkuat Purworejo," ujarnya.(Jas)

BERITA REKOMENDASI