PSSI Tolak Pemintaan Shin Tae-yong Latih Timnas Indonesia di Korsel

JAKARTA, KRJOGJA.com – Federasi Sepakbola Indonesia (PSSI) menolak permintaan pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Shin Tae-yong untuk melatih anak asuhnya di Korea Selatan (korsel). Shin dalam kontrak bersama PSSI menjadi pelatih tiga level Timnas, yakni U-19, U-23 dan Timnas Senior.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan saat melakukan percakapan virtual dengan Shin pada Jumat, 26 Juni 2020, memaparkan alasan federasi menolak permintaan Shin. Dia mengaku jika pemusatan latihan berlangsung di Korsel, sangat tidak efektif membawa rombongan pemain dan staf ke negeri ginseng.

“Pertama, karena Timnas U-19 yang akan dipersiapkan ke Piala Dunia U-20 2021 masih dalam proses seleksi. Tentu tidak efektif membawa rombongan sebanyak itu ke luar negeri,” ujar dia mengutip laman PSSI, Sabtu (27/6/2020).

“Tidak mungkin membawa semua level timnas ke Korsel. Sementara dalam waktu bersamaan, Timnas U-19 dan Timnas Senior memiliki prioritas sama pentingnya,” lanjut Iriawan.

Sekadar informasi, Timnas U-19 akan mengikuti Piala Asia U-19 di Uzbekistan sebagai persiapan Piala Dunia U-20 2021. Sedangkan Timnas Senior harus berkonsentrasi menghadapi tiga laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia untuk memperbaiki peringkat Indonesia di ranking FIFA.

Shin yang saat ini berada di Korsel dalam wawancara dengan media lokal mengungkapkan agar pemusatan latihan anak asuhnya berlangsung di negara asalnya. Ia mengatakan peningkatan kasus virus corona yang masih tinggi menjadi faktor pertimbangan.

Namun, PSSI memastikan bahwa pemusatan latihan di Tanah Air akan digelar sesuai protokol kesehatan dan mencarikan lokasi latihan yang aman. PSSI merujuk pada Timnas Timnas U-16 yang akan mulai berlatih pada awal Juli mendatang di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat

BERITA REKOMENDASI