Raih Juara AFF, Pemerintah Siapkan Bonus Rp 2,1 Miliar untuk Timnas U-22

JAKARTA, KRJOGJA.com – Tim Nasional (Timnas) Indonesia berhasil keluar sebagai juara Piala AFF U-22 Tahun 2019 usai menumbangkan perlawanan sengit Timnas Thailand 2-1 dalam partai final yang digelar di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja. Keberhasilan Timnas disambut gembira Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Luar biasa. Dari Tanah Air, saya menyampaikan selamat kepada Timnas U-22 Indonesia!,” kata Presiden Jokowi melalui akun twitternya yang diunggah, Rabu (7/2/2019).

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi yang menonton langsung perjuangan skuad Garuda Muda ini sangat bangga atas pencapaian tersebut. “Kita menang. Terima Kasih. Penggawa Timnas (Indonesia) keren sekali. Luar biasa ternyata. Mereka betul-betul bermain dengan bagus,” kata Menpora usai laga berakhir.

Menurut Menpora, strategi yang diterapkan oleh pelatih Indra Sjafri sangat baik. Pelatih Indra Sjafri dinilainya mampu memaksimalkan potensi pesepakbola muda Indonesia. “Mereka (para pemain) mampu menciptakan peluang yang bagus sehingga gol tercipta. Terima kasih Coach Indra Sjafri, terima kasih semuanya,” tutur Menpora.

Untuk menyambut kemenangan tersebut, Menpora Imam Nahrawi  mengatakan, akan memberikan apresiasi yang pantas, bahkan arak-arakan penyambutan disiapkan oleh Kemenpora.“Akan ada arak-arakan, akan kami sambut. Bonus juga ada, kami siapkan. Saya hitung bonusnya Rp2,1 miliar,” kata Menpora.

Menurut Menpora, para pemain belum tahu mengenai apresiasi itu. Pemerintah melakukan itu sebagai wujud terima kasih, wujud syukur kita kepada PSSI, kepada Timnas, para atlet yang keren-keren, yang hebat ini.

“Kita akan menyambut para pahlawan sepakbola tanah kita kembali ke tanah air dengan gegap gempita,” tegas Menpora.

Langkah Timnas Indonesia di Piala AFF U-22 berjalan mulus. Skuat Garuda Muda juara tanpa menelan kekalahan.Indonesia menjadi juara Piala AFF U-22 setelah mengalahkan Thailand 2-1 di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (26/2/2019).

Laju Indonesia di laga pertama fase grup juga sempat meragukan. Tim besutan Indra Sjafri ditahan imbang 1-1 oleh Myanmar dan selanjutnya imbang 2-2 dengan Malaysia. Performa meningkat saat laga ketiga fase grup. Indonesia mengalahkan Kamboja 2-0 dan memastikan tiket ke semifinal dengan status runner- Grup B. Maju bersama Kamboja selaku juara grup.Indonesia bertemu Vietnam di semifinal. Osvaldo Haay dkk. berhasil mengalahkan lawannya itu dengan skor 1-0 dan berlanjut ke gelar juara setelah mengalahkan final. (Sim)

BERITA REKOMENDASI