Raih Peringkat Ketiga, Dua Tim DIY Layak ‘Dirawat’

YOGYA, KRJOGJA.com – Kalah dari tim Sumatera Utara di semifinal Piala Soeratin U-15, namun DIY berhasil bangkit dan meraih kemenangan atas Banten di laga perebutan tempat ketiga Jumat (27/10/2017) kemarin. Alhasil, DIY duduk di peringkat ketiga Piala Soeratin U-15 tahun 2017 diikuti PSS U-17 yang juga menempati posisi ketiga untuk U-17 dan mencatat sejarah bagi persepakbolaan usia remaja di DIY. 

Di fase sepakbola usia dini, anak-anak DIY memang tak lagi asing menjadi juara. Namun, ketika beranjak ke sepakbola usia remaja (U-15 dan U-17) prestasi tersebut seolah menghilang karena banyak faktor pengikut di belakangnya. Tak heran, raihan tahun 2017 di mana DIY U-15 dan PSS U-17 sama-sama finish di peringkat ketiga nasional menjadi begitu spesial terasa. Di luar keuntungan sebagai tuan rumah, dua tim muda DIY ini mampu berjuang maksimal menunjukkan prospek jangka panjang. 

Tim pelatih DIY U-15, Johan Arga Pramudya kepada KRjogja.com Sabtu (28/10/2017) mengungkap rasa syukur dan bangga atas keberhasilan menempati peringkat ketiga di event tingkat nasional U-15. Ia menilai ada potensi dari anak-anak muda Yogyakarta untuk berprestasi membawa nama DIY kedepan. 

“Tim ini punya potensi besar dan hanya kalah sekali melawan tim Sumatera Utara yang memang disatukan dari seluruh Indonesia padahal persiapan kami hanya dua bulan saja. Seharusnya ada keberlanjutan kedepan,” ungkapnya. 

Tim U-15 DIY menurut Johan telah berikrar tak membubarkan diri usai gelaran Piala Soeratin 2017. Para pelatih muda Bena Seta-Johan Arga pun berharap kerangka tim U-15 bisa menjadi bayangan event kedepan yang mewakili DIY. 

Kedua pelatih tersebut menyadari perlunya sinergi dari berbagai pihak untuk memastikan keberlanjutan tim. “Tim ini murni putra DIY seluruhnya, dan harapan kami, mereka bisa jadi tim bayangan untuk event kedepan misalnya U-17 atau Pra PON. Kami berharap potensi anak-anak ini diakomodasi agar lebih berkembang kedepan,” sambungnya. 

Terakhir, prestasi terbaik persepakbolaan DIY di tingkat nasional remaja yakni peringkat ketiga Piala Soeratin U-17 tahun 2001 oleh PSS. Sementara di U-15, DIY terakhir mampu menembus empat besar nasional di tahun 2003. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI