Road To KL Cup Malaysia 2021, ISP U 15 Dibentuk

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Pengurus Cabang (Pengcab) PSSI Kabupaten Purworejo mulai membentuk tim Ikatan Sepakbola Purworejo (ISP) U 15. Talenta muda yang digadang akan menjadi tim sepakbola impian Kabupaten Purworejo itu, dibentuk untuk menghadapi kompetisi KL Cup di Kuala Lumpur Malaysia tahun 2021.

Seleksi dilaksanakan di Stadion WR Supratman Purworejo selama tiga hari, mulai Jumat – Minggu (9-11/10). Sebanyak empat belas sekolah sepakbola (SSB) di seluruh wilayah Purworejo, mengirimkan pemain muda terbaiknya. “Seleksi diikuti 90 talenta muda, terdiri pemain dan penjaga gawang,” ungkap Ketua Pengcab PSSI Purworejo Angko Setiyarso Widodo, kepada KRJOGJA.com, di sela seleksi.

Pada hari pertama, PSSI mengadakan seleksi small side game, dilanjutkan VO2 Max, dan pada hari ketiga dalang game. Seluruh peserta mengikuti seleksi tiga hari, kemudian nilainya diakumulasi. Peserta dengan nilai terbaik, berhak masuk dalam skuad ISP U 15.

Seleksi akan menghasilkan total 23 pemain terdiri dua puluh penyerang dan bertahan, serta tiga kiper. Meski bergabung dengan tim ISP, mereka tetap berstatus sebagai siswa SSB. “Sebagai gambaran untuk seleksi hari pertama lolos 41 pemain dan sembilan penjaga gawang. Tapi belum tentu mereka semuanya lolos masuk U 15, masih ada dua seleksi lagi lalu diakumulasikan nilainya,” tuturnya.

Setelah terpilih, para pemain akan menjalani latihan rutin di Stadion WR Supratman dan training camp di Diklat Sepakbola Merden Banjarnegara. “Kami kerja sama dengan Diklat Merden dan nanti pemain muda Purworejo akan dilatih pelatih profesional berlisensi AFC,” kata Angko.

Ditambahkan, ISP Purworejo dapat berlaga dalam kompetisi KL Cup 2021 setelah tergabung dalam South East Asia and Australia Talent Football Academy yang menjadi induk kompetisi itu. “Barangkali ada pemikiran soal biaya, tentu sudah kami siasati dengan mencoba mewujudkan sepakbola mandiri berbasis industrialisasi, muaranya membentuk klub sepakbola profesional berbentuk perseroan terbatas. Kami bertekad kembangkan sepakbola Purworejo tanpa APBD kabupaten,” tegasnya.

Selain kompetisi internasional, ISP U 15 Purworejo direncanakan mengikuti ajang Piala Soeratin U 15 dan Liga Siswa Indonesia Kemenpora RI. Setelah terbentuk, lanjutnya, tim akan melakukan uji tanding dengan tim Diklat Merden Indonesia (DMI) U 15. (Jas)

BERITA REKOMENDASI