Roy Keane Tuding Banyak Penipu di Man United, Solskjaer Jadi Tumbal?

Editor: KRjogja/Gus

MANCHESTER, KRJOGJA.com – Pesepakbola legenda Manchester United, Roy Keane, prihatin dengan nasib yang diterima juru taktik Setan Merah, Ole Gunnar Solskjaer. Keane menilai terlalu banyak penipu di skuad Man United, sehingga membuat masa depan Solskjaer sebagai pelatih Man United berada di ujung tanduk.

Lantas, apa maksud penipu yang diucapkan Keane? Pria berpaspor Irlandia itu menilai banyak pemain Man United yang sengaja tampil buruk. Tujuannya jelas supaya Solskjaer terdepak dari posisinya.

Apa dasar Keane berkata demikian? Mantan kapten Man United itu melihat betul sejumlah pemain The Red Devils yang bermain di bawah standar saat mereka ditumbangkan Tottenham Hotspur 1-6 pada Minggu, 4 Oktober 2020 malam WIB.

“Performa saat melawan Spurs sangat memalukan. Terlalu banyak penipu di tim (Man United). Saya pikir itu akan mengorbankan pekerjaan Ole (Solskjaer) dengan pemain-pemain yang dia punya,” kata Keane mengutip dari BBC.

Jika kekhawatiran Keane benar adanya, ini bukan yang pertama dilakukan pemain Man United. Dalam pandangan pesepakbola legenda Liverpool, Graeme Souness, para pemain Man United sempat melakukan hal serupa di bawah kepelatihan Jose Mourinho.

Saat itu karena tak lagi suka dengan gaya kepelatihan Jose Mourinho, para pemain sepakat menjatuhkan pelatih asal Portugal tersebut. Alhasil, pada 18 Desember 2018 Mourinho dipecat setelah Man United kalah 1-3 dari Liverpool.

“Statistik membuktikan pemain Man United berlari lebih banyak ketimbang sebelumnya. Para pemain bekerja lebih keras untuk pelatih baru mereka (Solskjaer) dalam hal menutup ruang, berlari mundur dan semua hal yang tidak pernah mereka lakukan dengan baik di bawah Mourinho,” ujar Souness mengutip dari talkSPORT pada awal 2019.

“Seakan-akan pemain Man United tidak sungguh-sungguh melakukan serangan. Saya sangat kecewa pada mereka semua, bukan hanya Pogba. Mereka menyerah di bawah Mourinho. Saya sendiri akan marah jika dituduh seperti ini, tapi sepertinya itulah kenyataan di sepakbola modern jika pemain ingin pelatihnya dipecat,” lanjut Souness yang tiga kali membawa Liverpool juara Liga Champions dalam statusnya sebagai pemain.

Jika nantinya Solskjaer dipecat, siapa pelatih Man United selanjutnya? Media-media Inggris melaporkan manajemen Man United sudah mendekati pelatih asal Argentina, Mauricio Pochetino.

Peluang Man United mendapatkan Pochettino cukup besar. Sebab, Pochettino saat ini berstatus tanpa klub semenjak dipecat Tottenham Hotspur pada November 2019.

BERITA REKOMENDASI