Sadio Mane Pahlawan Kemenangan Liverpool atas Everton

LIVERPOOL (KRjogja.com) – Pertandingan Derby Merseyside antara tuan rumah Everton melawan Liverpool yang tersaji di Goodison Park berjalan sengit. Akan tetapi, yang memenangkan partai ini adalah The Reds dengan skor tipis 0-1 berkat gol Sadio Mane di injury time babak kedua.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Tempo permainan langsung menanjak di awal pertandingan. Baik Everton maupun Liverpool tidak segan melancarkan ke pertahanan lawan. Akan tetapi, tim tuan rumah sedikit lebih unggul dalam penguasaan bola.

Everton merangkai serangan berbahaya melalui sisi kiri dari kombinasi Ross Barkley dan Aaron Lennon. Sayangnya setelah menerima umpan Lennon, sontekan Romelu Lukaku bisa diblok oleh Ragnar Klavan.

Everton terus menekan pertahanan Liverpool secara konstan. Built-up play yang dilakukan tim tuan rumah berujung di kaki Barkley. Gelandang serang berkebangsaan Inggris ini lantas melepaskan tendangan jarak jauh yang belum tepat sasaran.

Liverpool bukannya tanpa ancaman. Pada menit 38, mereka hampir mengubah skor melalui kerja sama apik antara Sadio Mane, Giorginio Wijnaldum, dan Divock Origi. Nama terakhir melakukan tendangan yang melambung dari gawang Everton.

Kedua tim terus melakukan tekanan demi mencetak gol. Namun, babak pertama ditutup dengan skor tanpa gol.

Babak Kedua

Liverpool langsung mengambil inisiatif serangan selepas wasit membuka babak kedua. Upaya chip Roberto Firmino diselamatkan oleh kepala dari Marteen Stekelenburg. Tendangan Nathaniel Clyne juga masih bisa diblok.

Everton kembali mengancam Liverpool. Gareth Barry melepaskan umpan tarik yang langsung disundul oleh Lukaku. Namun, bola kiriman penyerang asal Belgia tersebut melebar dari gawang Simon Mignolet.

Everton harus menghadapi kenyataan Stekelenburg cedera dan terpaksa digantikan oleh Joel Robles pada menit ke-64. Stekelenburg terlihat pincang saat keluar lapangan.

Firmino melakukan usaha ambisius melalui over head kick usai menerima umpan Clyne, tapi bola tidak mengarah ke gawang Everton. Andai disundul, hasil dari usaha penyerang internasional Brasil tersebut mungkin akan berbeda.

Seisi Goodison Park dibuat hening oleh Mane lewat golnya pada menit 90+4. Pemain internasional Senegal ini dengan mudah meneruskan bola ke gawang Everton usai menyambut bola liar Daniel Sturridge yang membentur tiang gawang Everton. Skor 0-1 untuk tim tamu bertahan hingga laga usai.

Susunan Pemain

Everton: Stekelenburg; Coleman, Funes Mori, Williams, Baines; Gueye, McCarthy; Lennon, Barkley, Valencia/Calvert-Lewin; Lukaku.

Liverpool: Mignolet; Clyne, Lovren, Klavan, Milner; Henderson, Wijnaldum; Mane, Lallana/Can, Firmino; Origi/Sturridge. (*)

 

 

 

BERITA REKOMENDASI