Satu Musim, PSS Habiskan Rp 35 Miliar

SLEMAN, KRJOGJA.com – Direksi PT PSS memberikan statement pengeluaran tim sepanjang musim Liga 1 2019. Finish di posisi 8 klasemen, PSS ternyata menghabiskan dana hingga Rp 35 miliar selama kompetisi. 

Tak dirinci memang pengeluaran tersebut untuk apa saja. Hanya saja, dinamika Super Elja tahun 2019 ini terbilang luar biasa mulai gonta-ganti manajer hingga kursi CEO yang berganti dari Viola Kurniawati ke Fatih Chabanto saat kompetisi masih berjalan. 

Hempri Suyatna, Direktur Operasional dan Pengembangan PSS menyebut nominal Rp 35 miliar harus dikeluarkan untuk menghidupkan mesin selama satu musim. Tak hanya tim senior putra saja, PSS juga harus memiliki tim di elite pro dengan jenjang usia hingga sepakbola putri profesional yang baru kali pertama ini diadakan di Indonesia. 

“Sekitar 35 miliar pengeluaran untuk tahun ini, itu total yang tercatat hingga Desember 2019 ini. Banyak hal memang yang harus dilakukan mulai tim senior, elite pro dan juga sepakbola putri. Total dana sekitar itu yang dikeluarkan musim ini,” ungkap Hempri pada wartawan. 

Sementara CEO PSS Fatih Chabanto menyebut saat ini PSS masih belum surplus dalam hal pembiayaan. Hal tersebut dinilai wajar bagi klub baru yang berkiprah di Liga 1 Indonesia. 

“Sampai saat ini belum (surplus), saya kira wajar. Kalau kita melihat seperti Persib Bandung saja lima tahun belum surplus, ini sebuah proses. Tapi direksi tetap berkomitmen untuk PSS,” sambung Fatih. 

Fatih menyebut, untuk musim depan paling tidak sebuah tim membutuhkan minimal Rp 30 miliar hanya untuk berada di tingkat medioker klasemen saja. Kalau ingin berada di papan atas, minimal sebuah tim harus mempersiapkan tak kurang Rp 50 miliar plus lisensi klub agar bisa bermain di tingkat Asia. 

“Ini yang kita ingin berproses juga mencari lisensi klub agar bisa maksimal kedepan. Dari segi pendanaan, dari pengalaman tim-tim lain, kalau mau ke papan atas liga dan ke Champion Asia ya paling tidak harus mempersiapkan lebih dari Rp 50 miliar,” ungkapnya lagi. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI