SBY Tegaskan Dukung Pemerintahan Jokowi

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO (KRjogja.com) – Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kembali menegaskan dukungannya kepada pemerintahan Presiden Joko Widodo, dalam kunjungannya ke Purworejo, Sabtu (20/8). Ia meminta setiap politisi untuk mengedepankan etika dalam berpolitik dengan tidak mengganggu apalagi sampai menjatuhkan pemerintahan yang sedang berjalan.

 

Menurut SBY, pemerintah di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo merupakan hasil pilihan masyarakat. "Misalnya dulu ketika awal pemilihan presiden dan Joko Widodo terpilih, ada yang suka atau tidak, maka apapun itu pemerintahan tetap harus didukung, karena begitu etikanya. Pada saatnya nanti akan ada pemilihan dan disitulah bisa berkompetisi lagi," tegasnya usai disela ziarah di makam Jenderal Sarwo Edhie Wibowo, Kelurahan Pangenjurutengah Purworejo.

Pada masa peralihan pemerintah itu, katanya, ada pihak yang mencoba mendorong untuk tidak mendukung pemerintahan. Namun SBY tegas mengatakan tidak dan menolak ajakan tersebut.

SBY menjelaskan, etika politik tersebut merupakan salah satu yang diwariskan Jenderal Sarwo Edhie Wibowo kepada anak-anaknya. Kondisi serupa, lanjutnya, juga pernah dialami almarhum ketika tahun 1973.

Ketika itu, ada sekelompok orang di Jakarta yang tidak puas dengan kepemimpinan Presiden Suharto, lalu mengajak Sarwo Edhie Wibowo untuk melakukan gerakan mengoreksi kebijakan pemerintah. Almarhum kemudian mengumpulkan seluruh anak dan memberi jawaban. "Beliau berkata bahwa dirinya ikut berjuang mendirikan negara, maka mengapa harus ikut melawan negara. Maka beliau tegaskan tidak ikut ajakan itu dan itulah ajaran yang kami anut," tuturnya.

Apabila merasa pemerintahan berjalan tidak sesuai atau melakukan kesalahan, maka harus dikoreksi dengan cara yang baik. "Koreksi dengan cara yang baik dan saya selalu sampaikan kepada politisi muda untuk mengedepankan etika dalam berpolitik. Kalau semua bisa seperti itu, maka begitu indah bangsa ini," tandasnya.(Jas)

 

BERITA REKOMENDASI