‘Set Piece’ Jadi PR Besar PSS

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – PSS terbilang minim peluang di pertandingan kontra Persija Kamis (24/10/2019) malam. Para pemain terlihat kesulitan menembus empat bek Persija dan hampir tak ada tembakan berbahaya yang mengarah ke gawang Andritani sepanjang 90 menit.

Brian Ferreira terlalu asyik bermain sendiri di tengah. Ia menguasai bola, menggiring dan berupaya mencari ruang sendiri. Terkesan ia tak mempercayai rekan-rekannya dengan tak lekas mengoper bola ketika ada kesempatan.

Kejadian tersebut beberapa kali terjadi baik di babak pertama maupun kedua. Akhirnya pelatih Seto Nurdiantoro pun memutuskan untuk menggantinya menit ke-86 dan memasukkan pemain muda Ocvian Chanigio.

Yevhen pun mendapat pengawalan ketat Fachrudin Aryanto bergantian dengan Alexandre Luiz Reame. Ia tak bisa leluasa bergerak bahkan mengontrol bola ketika mendapat operan dari lini tengah atau belakang.

Tak hanya itu, bola-bola mati yang seharusnya bisa menjadi peluang pun banyak terbuang sia-sia. Di salah satu momen babak kedua, peluang set piece tendangan bebas dari ruang berbahaya 10 meter di depan kotak penalti Andritani pun tak mampu dimaksimalkan.

Tiga pemain yakni Yevhen, Dave dan Brian terlihat berebut, siapa yang akan mengeksekusi peluang. Akhirnya Yevhen maju dan bola melambung jauh dari gawang Persija.

Pelatih Seto Nurdiantoro tak menampik timnya masih lemah di situasi set piece. Padahal, di latihan sebelum laga, ia sudah melatihkan situasi sepakan bebas yang mampu diperankan dengan baik oleh eksekutor.

“Kalau dari dekat memang Yevhen, kalau agak jauh ada Brian dan Dave. Tadi (di pertandingan) mungkin jaraknya tengah-tengah tanggung, jadi bingung siapa yang mau eksekusi. Tapi kemarin dalam latihan sudah dicoba situasi dan semuanya tendangannya bagus-bagus,” ungkap Seto usai laga.

Meski begitu, pelatih Pro AFC ini terus akan melakukan evaluasi kedepan untuk memperbaiki segala aspek permainan Super Elja. “Ini jadi pengalaman juga, kedepan mudah-mudahan semakin baik lagi. Hari ini kami dapat banyak pengalaman dari Persija,” sambung Seto. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI