Setan Merah Tawar Kovacic Rp490 Miliar

MANCHESTER (KRjogja.com) – Manchester United memiliki banyak gelandang musim ini. Sebut saja Paul Pogba, Nemanja Matic, Ander Herrera, Marouane Fellaini dan Michael Carrick. Namun, bisa dibilang hanya Pogba dan Matic yang dapat bermain konsisten.

Herrera dan Fellaini berada di persimpangan pintu keluar Stadion Old Trafford, mengingat kontraknya hanya tersisa hingga 30 Juni 2018, sedangkan Carrick sering mengalami cedera. Mengingat Man United tampil di banyak kompetisi musim ini, jelas sebuah kesalahan jika terus mengandalkan Pogba dan Matic.

Karena itu, pelatih Man United Jose Mourinho berencana mendatangkan gelandang anyar pada bursa transfer musim dingin 2018. Seperti diberitakan Diario Gol, Selasa (18/12/2017), Man United membidik gelandang Real Madrid, Mateo Kovacic, dan menyiapkan dana 27 juta pounds atau sekira Rp490 miliar.

Kovacic gagal menyegel tempat utama bersama Madrid musim ini. Sejauh ini, ia baru tiga kali tampil di Liga Spanyol 2017-2018, itu pun semuanya dari bangku cadangan. Padahal secara kualitas, gelandang berpaspor Kroasia itu tidak buruk.

Hal itu terbukti dengan rata-rata umpan tepat sasaran Kovacic yang menyentuh angka 93%. Salah satu alasan Kovacic berada di bangku cadangan Madrid karena ia kalah bersaing dari gelandang kelas dunia lain milik Madrid seperti Casemiro, Luka Modric hingga Isco Alarcon.

Karena itu, jika benar Man United melepaskan tawaran, bukan tak mungkin itu akan diterima Madrid. Sebab Los Blancos –julukan Madrid– juga membutuhkan dana di jendela transfer musim dingin 2018. Madrid membutuhkan uang untuk menggaet bek Chelsea, David Luiz, yang mulai disingkirkan pelatih Antonio Conte.

Kembali ke Kovacic. Nantinya, gelandang berusia 23 tahun itu dapat diperankan sebagai gelandang pengisi double pivot. Untuk tumbuh menjadi gelandang kelas dunia seperti Pogba dan Matic, Kovacic tinggal mengasah kemampuan bertahannya.

Sebab, mantan pemain Inter Milan itu tidak memiliki rata-rata aksi bertahan sama sekali bersama Madrid musim ini. Padahal untuk menjadi gelandang pivot, dibutuhkan kemampuan bertahan dan menyerang sama baiknya. (*)

BERITA REKOMENDASI