Setelah Portugal, Jerman dan Prancis Diprediksi Rontok

SETELAH Portugal tersingkir di babak 16 besar Eropa 2020, wakil-wakil lain di Grup F bukan tak mungkin juga menyusul. Sebab, persaingan sengit yang tercipta di laga-laga Grup F yang disebut-sebut sebagai grup neraka, membuat para kontestan kelelahan.

Ambil contoh Prancis. Saat ini tercatat ada enam pemain mereka yang mengalami cedera. Mereka ialah Lucas Digne, Ousmane Dembele, Lucas Hernandez, Adrien Rabiot, Marcus Thuram dan Thomas Lemar. Untuk dua nama yang disebut di awal, sudah dipastikan gagal tampil di laga kontra Swiss di babak 16 besar Piala Eropa 2020 yang berlangsung Selasa 29 Juni 2021 pukul 02.00 WIB.

Bahkan untuk Ousmane Dembele sudah dipulangkan ke klubnya, Barcelona, karena sudah tak mungkin lagi membela Prancis di sisa laga Piala Eropa 2020. Dari enam nama di atas, tiga di antaranya yakni Dembele, Lucas Hernandez dan Lucas Digne mengalami cedera di laga-laga Grup F Piala Eropa 2020.

Dembele mengalami cedera di laga kontra Hungaria. Sementara Digne dan Lucas Hernadez, menderita cedera di laga Portugal vs Prancis.

Hal itu menunjukkan persaingan sengit di Grup F Piala Eropa 2020 telah memakan korban. Kondisi di atas praktis coba dimanfaatkan Swiss.

Skuad asuhan Vladimir Petkovic ini dikenal solid saat tampil di fase gugur. Di Piala Eropa 2016 saja, mereka tersingkir hanya karena adu penalti dari Polandia di babak 16 besar. Bahkan saat itu di fase grup, Swiss sanggup menahan Prancis 0-0.

Karena itu, lengah sedikit saja Prancis dapat dihukum La Nati -julukan Swiss. Selanjutnya pada Selasa 29 Juni 2021 pukul 23.00 WIB, Timnas Jerman yang berstatus runner-up Grup F Piala Eropa 2020 akan melakoni laga superberat.

Die Mannschaft -julukan Jerman– akan bertandang ke markas Inggris, Stadion Wembley. Kebetulan, Inggris tampil solid di Piala Eropa 2020.

Meski minim mencetak gol (baru mencetak dua gol), tapi Inggris mempunyai pertahanan rapat. Gawang skuad asuhan Gareth Southgate tercatat sama sekali belum kemasukan.

Tercatat dalam sembilan laga terakhir di Wembley, Inggris mengemas delapan menang dan satu imbang. Karena itu, butuh usaha ekstra bagi Jerman untuk mengalahkan Inggris di 16 besar Piala Eropa 2020.

Jadi kesimpulannya, akankah Prancis dan Jerman mengikuti jejak Portugal dengan tersingkir di 16 besar Piala Eropa 2020?

 

BERITA REKOMENDASI