Seto Nurdiantoro dan Indra Sjafri Berpeluang Jadi Asisten Tae-yong?

JAKARTA, KRJOGJA.com – Nama Seto Nurdiantoro dan Indra Sjafri kencang diberitakan bakal menjadi asisten dari pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Shin Tae-yong. Keduanya bakal masuk tim kepelatihan Tae-yong yang saat ini beranggotakan tiga nama, yakni Kim Hae-woon (pelatih kiper), Gong oh-kyun (asisten pelatih) dan Lee Jae-hong (pelatih fisik).

Saat ini Tae-yong masih mencari satu asisten asal Korea yang bakal ditugaskan untuk membenahi organisasi pertahanan skuad Garuda. Sekarang yang jadi pertanyaan, tepatkah Tae-yong menunjuk Seto dan Indra untuk menjadi asistennya di Timnas Indonesia?

Dalam pengakuan Tae-yong, ia hingga kini belum tahu ada berapa banyak pelatih lokal yang akan menjadi asistennya di Timnas Indonesia. Hanya saja, pelatih 49 tahun itu mengatakan, kehadiran pelatih lokal dibutuhkan untuk membantu kinerjanya saat menangani tim nasional kelompok umur (U-20 dan U-23).

Lantas, mengapa bukan Fakhri Husaini saja yang berdampingan dengan Indra? Fakhri yang membawa Timnas Indonesia U-19 lolos ke Piala Asia U-19 2020 memiliki kesibukan tersendiri saat ini. Saat ini, pria asal Aceh itu memiliki posisi strategis di salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Pupuk Kaltim. ]

Karena itu, Tae-yong dan PSSI pun mencari alternatif lain, dan nama pengganti Fakhri kemungkinan jatuh kepada Seto. Untuk urusan menangani pemain muda, jangan ragukan kualitas Seto. PSS Sleman dibawa Seto finis di posisi delapan Liga 1 2019. Padahal, rata-rata usia skuad PSS hanya berada di angka 26,1 tahun.

Kemudian, bagaimana dengan Indra Sjafri? Semua tahu kualitas Indra saat menukangi Timnas Indonesia U-19 dan U-23. Kehadiran Indra dipercaya bakal membantu Tae-yong, baik saat menukangi tim senior, U-23 maupun U-20.

Sekadar informasi, Tae-yong ditugaskan PSSI bukan hanya untuk menukangi tim senior, namun juga U-23 dan U-20. Karena itu, mengingat ia menangani tiga tim sekaligus, Tae-yong membutuhkan staf kepelatihan yang cukup gemuk. Sekarang, menarik menanti kiprah Tae-yong bersama Timnas Indonesia.

Pelatih yang rencananya diperkenalkan pada Sabtu 28 Desember 2019, terang-terangan menjadikan Timnas Indonesia U-20 sebagai prioritas. Sebab, Timnas Indonesia U-20 akan turun di Piala Dunia U-20 2021 yang digelar di Tanah Air. (*)

 

BERITA REKOMENDASI