Shin Tae-yong Benarkan Bakal Dibantu Asisten Indonesia

JAKARTA, KRJOGJA.com – Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Shin Tae-yong, mengonfirmasi akan dibantu dua juru taktik Tanah Air dengan status asisten pelatih. Hal itu berarti, isu yang beredar dalam beberapa hari ke belakang benar adanya.

Sebelum resmi ditunjuk sebagai pelatih Timnas Indonesia pada Sabtu 28 Desember 2019, berseliweran isu soal dua sosok arsitek lokal yang akan menjabat sebagai asisten Tae-yong. Dua nama yang kencang diberitakan bakal menjadi asisten Tae-yong adalah Indra Sjafri dan Seto Nurdiantoro.

Untuk Indra Sjafri, ia mengonfirmasi telah berbicara banyak dengan Tae-yong dan eks pelatih Bali United itu akan menjadi asisten juru taktik asal Korea Selatan itu. Sementara itu, meski Seto belum memberikan konfirmasi, namun pelatih PSS Sleman itu dipercaya akan menjadi pendamping Indra Sjafri nantinya.

Tugas Indra dan Seto dijamin bakal segudang. Sebab, Tae-yong tak hanya ditugaskan untuk membesut tim nasional senior, namun juga U-23 dan U-19/U-20. Untuk tahun 2020 saja, Timnas senior Indonesia akan turun di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, lanjutan Kualifikasi Piala Asia 2023 (jika lolos) dan Piala AFF 2020.

Sementara di level U-19, Timnas Indonesia akan turun di Piala Asia U-19 2020 yang digelar Uzbekistan. Selain itu, Timnas Indonesia U-19 juga dipersiapkan jelang turun di Piala Dunia U-20 2021 yang digelar di Tanah Air.

Karena itulah, Tae-yong membutuhkan tim kepelatihan yang gemuk. Selain Indra dan Seto, pelatih 50 tahun itu membawa tiga asisten pelatih dari Korea Selatan, yakni Kim Hae-woon (pelatih kiper), Gong oh-kyun (asisten pelatih) dan Lee Jae-hong (pelatih fisik). Nantinya, akan ada satu asisten pelatih lagi dari Korea Selatan yang ditugaskan untuk membenahi pertahanan skuad Garuda.

“Saya akan meminta pelatih fisik Lee Jae-hong yang punya pengalaman di Piala Dunia untuk meningkatkan kebugaran pemain, memahami kultur Indonesia, dan menyesuaikan pola makan. Dua pelatih Indonesia juga akan ada di sana (tim),” kata Tae-yong mengutip dari Joongang Ilbo.

 

 

BERITA REKOMENDASI