Shin Tae-yong Berburu Pemain Keturunan hingga ke Belanda

Editor: KRjogja/Gus

JAKARTA, KRJOGJA.com – Timnas Indonesia U-19 baru saja menyelesaikan pemusatan latihan (TC) di Kroasia. Salah satu yang menjadi sorotan selama proses TC adalah dipanggilnya sejumlah pemain keturunan untuk ikut membela Garuda Muda.

Hasilnya bisa dibilang cukup memuaskan. Nama-nama seperti Elkan Baggott, Jack Brown, hingga Kelana Noah Mahessa berhasil membuat Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memberikan pujian.

Maka dari itu, untuk TC Timnas Indonesia U-19 berikutnya, Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan, memilih Belanda sebagai destinasi. Pasalnya, di Negeri Kincir Angin tersebut terdapat banyak pemain yang masih berdarah Indonesia.

“Kenapa kami memilih Belanda (sebagai tempat TC Timnas Indonesia U-19 selanjutnya)? Di sana banyak tim bagus dan mereka juga rangking dua FIFA. Kedua, di sana banyak pemain berdarah Indonesia, jadi bisa sekalian,” ujar Iriawan saat menyambut kedatangan Timnas Indonesia U-19 dari Kroasia.

Kendati demikian, Iriawan akan menyerahkan proses seleksi kepada Shin Tae-yong dan juga Direktur Teknis Timnas Indonesia, Indra Sjafri. Karena biar bagaimanapun, Shin Tae-yong adalah orang yang paling berwenang dalam memilih pemain untuk timnya.

Shin Tae-yong sendiri sangat membuka kesempatan bagi para pemain keturunan untuk membela Indonesia. Sebagai contohnya bisa dilihat ketika pemanggilan Kelana dan Luah Fynn Jeremy Mahesa.

BERITA REKOMENDASI