Shin Tae-yong Coret 11 Pemain Timnas Indonesia U-19, Ini Daftarnya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Belum juga satu minggu menggelar pemusatan latihan di lapangan, manajer pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong, sudah memulangkan 11 pemain. Atas keputusan tersebut, pemain-pemain itu otomatis takkan dibawa Shin Tae-yong yang dalam medio bulan ini akan menyertakan skuad Timnas Indonesia U-19 menjalani Training Center (TC) di luar negeri.

Sebenarnya, TC Timnas Indonesia U-19 sudah digelar sejak 23 Juli 2020. Akan tetapi, karena para pemain mesti menjalani masa karantina selama 14 hari, alhasil mereka baru menginjak lapangan pada Jumat 7 Agustus 2020.

Total dalam TC kali ini, Shin Tae-yong memanggil 46 pemain Timnas Indonesia U-19. Dengan dicoretnya 11 pemain, otomatis menyisakan 35 nama. Nantinya, nama-nama ini akan diberangkatkan ke luar negeri (belum diketahui akan TC d negara mana) demi mematangkan persiapan jelang turun di Piala Asia U-19 2020 yang digelar di Uzbekistan pada 14-31 Oktober 2020.

“Setelah mendapat informasi dari pelatih Shin Tae-yong, 11 pemain ini kami kembalikan ke klub. Sisa pemain yang ada akan mengikuti TC hingga kami berangkat ke luar negeri (Korea Selatan/Eropa),” kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengutip dari laman PSSI, Selasa (11/8/2020).

Meski begitu, Iwan Bule –sapaan akrab Iriawan– memberi motivasi kepada pemain-pemain yang dicoret. Iwan mengaku PSSI akan terus memantau perkembangan mereka, mengingat setelah Piala Asia U-19 2020 masih ada Piala Dunia U-20 2021 yang digelar di Tanah Air.

“PSSI akan terus mendukung program latihan dari pelatih Shin Tae-yong untuk timnas Indonesia baik senior maupun U-19. Kami harap kedua tim yang sedang melakukan TC di Jakarta ini terus mengalami perkembangan yang baik demi torehan prestasi timnas,” lanjut Iwan Bule.

Sementara itu, pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong, menegaskan dicoretnya 11 pemain ini bukan karena mereka kalah bersaing. Keputusan ini diambil karena PSSI mesti mengurangi jumlah pemain saat menjalani TC di luar negeri.

“Mereka tidak bisa dikatakan kalah bersaing, namun kami harus mengurangi dan memilih pemain yang akan lanjut ke TC selanjutnya terutama ke luar negeri (Korea Selatan/Eropa),” kata Shin Tae-yong.

Lantas, siapa saja pemain yang dicoret Shin Tae-yong? Dari 11 nama itu, dua di antaranya sudah tidak asing dengan skuad Timnas Indonesia U-19. Mereka ialah Sutan Zico dan Kartika Vedhayanto Putra.

Bagaimana dengan bek keturunan asal Inggris, Elkan Baggott? Bek bertinggi badan 194 sentimeter itu kemungkinan tidak ikut menjalani TC di luar negeri karena mesti kembali ke klub asalnya, Ipswich Town U-18.

Berikut daftar 11 pemain Timnas Indonesia U-19 yang dicoret:

1. Alif Jaelani – Barito Putera

2. Arya Putra Gerryan S – Borneo FC

3. Muhammad Rifaldo Lestaluhu – Mitra Kukar

4. Sutan Zico- Persija Jakarta

5. Hamsa Lestaluhu – Bhayangkara FC

6. Figo Sapta Fahrezi – Persija Jakarta

7. Deka Muhammad Toha – ASAD 313

8. Miftahul Husyen – Bhayangkara FC.

9. Kartika Vedhayanto Putra – PSIS Semarang

10. Mahmud Cahyono – PPOP DKI Jakarta

11. Muhammad Darmawan – PPLP DKI

BERITA REKOMENDASI