Shin Tae-yong Sering Usir Pemain Timnas Indonesia U-19, Kenapa?

JAKARTA, KRJOGJA.com – Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19, Shin Tae-yong, baru-baru ini diwawancara salah satu media cetak asal Korea Selatan, The Kyunghyang Shinmun. Shin Tae-yong ditanya soal kesan-kesannya selama hampir satu tahun menangani Timnas Indonesia.

Shin Tae-yong yang dikontrak PSSI medio Desember 2019, diberi tanggung jawab membesut Timnas Indonesia di tiga kelompok umur, yakni U-19, U-23 dan senior. Namun, berhubung agenda besar ada di Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong saat ini fokus menangani skuad Garuda Nusantara terlebih dulu.

Di awal-awal menangani Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong sempat kaget karena banyak pemain yang berjalan ketika kelelahan. Dalam pandangan Shin Tae-yong, hal itu tidak bisa diterapkan di level tim nasional.

Mantan pelatih Korea Selatan di Piala Dunia 2018 ini pun menutup seluruh kekurangan yang dimiliki Timnas Indonesia U-19. Tahu masalah utama Amiruddin Bagas Kaffa dan kawan-kawan ada di sisi stamina, Shin Tae-yong memberikan porsi latihan fisik yang keras kepada anak-anak asuhnya.

“Ketika saya pertama kali memimpin latihan, saya melihat para pemain berlari ketika mereka punya tenaga dan berjalan ketika capek. Mengejutkannya, secara teknik mereka baik-baik saja, tetapi dasar pemain jadi masalah,” ujar Shin Tae-yong saat diwawancara media Korea Selatan The Kyunghyang Shinmun.
Selain menggeber stamina Witan Sulaeman dan kawan-kawan, Shin Tae-yong juga kerap mengeluarkan kata-kata yang dapat menyayat hati personel Timnas Indonesia U-19. Ketika Timnas Indonesia U-19 bermain buruk saat melakoni pertandingan uji coba di Kroasia, Shin Tae-yong tidak segan meminta para pemainnya untuk pulang ke Tanah Air.

“Saya kadang berteriak kepada pemain agar mereka pulang saja jika bermain sepakbola seperti itu. Terkadang, ada masalah karena ucapan saya itu. Sekarang pemahaman taktik sudah bagus. Nilainya sudah 75 dari 100,” lanjut Shin Tae-yong.

Semua yang diberikan Shin Tae-yong pun memberikan dampak positif kepada Timnas Indonesia U-19. Dalam lima laga uji coba terakhir Timnas Indonesia U-19 di Kroasia buktinya, skuad Garuda Nusantara tidak terkalahkan.

Dari lima pertandingan pamungkas, Timnas Indonesia U-19 mengoleksi empat menang dan satu imbang. Bahkan di sejumlah laga Timnas Indonesia U-19 meraih kemenangan dengan skor meyakinkan, tepatnya saat menghajar Hajduk Split 4-0 dan Makedonia Utara 4-1.

Saat ini, Timnas Indonesia U-19 sedang menjalani pemusatan latihan virtual. Ada 37 pemain yang mengikuti pemusatan latihan kali ini.

BERITA REKOMENDASI