Simon McMenemy Panggil Enam Pemain Naturalisasi

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Pelatih Timnas Indonesia Simon McMenemy membeberkan alasan memilih enam pemain naturalisasi dalam skuat Merah Putih kali ini.

Total 24 pemain ia bawa untuk persiapan Kualifikasi Piala Dunia 2022. Enam pemain naturalisasi yang dipanggil adalah Otavio Dutra (Persebaya Surabaya), Victor Igbonefo (PTT Rayong), Stefano Lilipaly (Bali United), Greg Nwokolo dan Alberto Goncalves (Madura United), serta Osas Saha (PS Tira Persikabo).

"Saya panggil enam pemain naturalisasi itu sebagai opsi. Ketika Anda punya pemain seperti Irfan Bachdim yang pernah bermain di Thailand dan Jepang, pemain seperti Irfan Jaya, Andik [Vermansah], atau Evan [Dimas] bisa saling belajar dari pengalaman tersebut. Ini bukan soal memilih pemain naturalisasi atau lokal, tapi memilih pemain terbaik dan bisa melakukan pekerjaan dengan baik [di Timnas Indonesia]," kata Simon Mcmenemy.

Lebih lanjut, Simon juga mengungkapkan alasan mendatangkan Irfan Bachdim ketimbang duo Persija Jakarta, Novri Setiawan dan Riko Simanjutak, yang memiliki menit bermain lebih banyak di Liga 1. Baik Novri dan Riko, pun kerap kali menjadi langganan Simon dalam memperkuat skuat senior Merah Putih sebelumnya.

"Novri kartu merah kemarin, dia mengeti bahwa dia pasti masih akan dapat kesempatan di masa mendatang. Sama juga seperti Rizky Pora, semua pemain itu mengerti. Kami punya hubungan yang baik, dan tidak usah khawatir. Pemain-pemain itu akan kembali kepada kami," ucap dia.

Simon mengabarkan Yanto Basna dan Victor bakal datang dari Thailand pada 24 atau 25 Agustus mendatang. Sedangkan Ruben Sanadi akan bergabung pada 25 atau 26 Agustus. "Dan Stefano dan Andik bergabung pada 29 Agustus setelah Bali United lawan Madura United pada 28 Agustus. Kami ada kesepakatan dengan klub. Kalau kami ambil empat pemain, mungkin kami akan kasih keringanan dengan mengembalikan satu pemain," katanya. (*)

BERITA REKOMENDASI