Sleman Juara Umum Porda XV

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Kota Yogyakarta menyabet dua medali emas cabang olahraga terpopuler Porda XV, yakni sepakbola putra-putri, Jumat (18/10/2019) sore. Meski begitu, raihan tersebut tak mampu mengatrol raihan medali secara keseluruhan hingga dipastikan Kabupaten Sleman menjadi juara umum.

Pada laga final sepakbola putri, Kota Yogyakarta menang lewat drama adu penalti kontra Kabupaten Bantul. Sementara di sepakbola putra, Kota Yogyakarta mengalahkan kabupaten Gunungkidul dengan skor akhir 2-0.

Meski begitu, tambahan dua emas tak mampu mengatrol posisi Kota Yogyakarta di tabel klasemen akhir Porda XV. Kota harus puas berada di tempat kedua dengan raihan 134 medali emas, 131 perak dan 133 perunggu.

Kabupaten Sleman dipastikan menjadi juara umum Porda setelah mengoleksi 140 medali emas, 122 perak dan 157 perunggu. Tujuh medali emas dari cabang Dansa memastikan raihan maksimal Sleman dan akhirnya mampu mempertahankan juara umum dari Porda sebelumnya tahun 2017 lalu.

Kabupaten Bantul sendiri berada di peringkat ketiga dengan raihan 123 emas, 132 perak dan 161 perunggu. Kabupaten Kulonprogo di posisi empat dengan 40 emas, 28 perak dan 65 perunggu diikuti Gunungkidul dengan 18 emas, 40 perak dan 59 perunggu.

Porda XV sendiri resmi ditutup Jumat (18/10/2019) malam di Balaikota Yogyakarta. Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti menutup gelaran tersebut dan berpesan agar hasil di Porda dan Peparda 2019 membawa manfaat bagi pembinaan olahraga khususnya di wilayah DIY.

“Bagi yang belum meraih posisi, kami berpesan tetaplah semangat dan memotivasi diri meningkatkan kemampuan menembus batas melalui latihan dan kerja keras. Dalam konteks olahraga prestasi pasti ada menang dan kalah, namun esensi utamannya adalah sportivitas, karena itu hasil apapun yang didapatkan harus kita terima dengan arif,” ungkap Haryadi.

Secara khusus, Haryadi berharap capaian di Porda XV bisa menjadi bekal para atlet DIY berbicara di kancah nasional seperti PON yang tak lama lagi akan digelar. “Harapannya, semoga atlet DIY bisa berprestasi di PON nanti, membawa nama harum DIY,” sambungnya.

Porda XVI dan Peparda III sendiri akan digelar kembali pada 2021 mendatang. Juara umum, Sleman akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan pesta olahraga multi event terbesar di DIY tersebut. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI