Barcelona Rugi Soal Opsi 5 Pergantian Pemain, Ini Alasannya

BARCELONA, KRJOGJA.com – Pelatih Barcelona, Quique Setien, menilai timnya bisa dirugikan dengan opsi lima pergantian pemain dalam setiap pertandingan. Alih-alih memberi dampak positif, ia justru menilai aturan tersebut bisa mengancam peluang Barcelona untuk memetik kemenangan.

Aturan baru terkait pergantian pemain dalam setiap pertandingan memang akan diterapkan. Tak lagi tiga kali, jumlah pergantian pemain akan ditambah dari lima kali dalam setiap laga. Hal ini sesuai dengan keputusan Dewan Asosiasi Sepakbola Internasional (IFAB) yang mengizinkan perubahan peraturan tersebut.

Penambahan jumlah pergantian pemain ini sendiri diketahui diterapkan guna mengantisipasi pemain cedera. Sebab, kondisi kebugaran para pemain diragukan bakal optimal setelah beberapa bulan tak melakoni pertandingan akibat merebaknya virus corona secara global.

Tetapi, Setien menilai kebijakan tersebut justru bisa menjadi ancaman bagi Barcelona. Sebab, kondisi lawan dinilai akan menjadi selalu bugar hingga menit-menit akhir pertandingan. Padahal, Setien menilai Barcelona cenderung memanfaatkan menurunnya kondisi lawan jelang berakhirnya laga dalam meraih kemenangan.

“Saya pikir ini akan lebih merugikan kami daripada menguntungkan. Banyak pertandingan diselesaikan pada menit-menit terakhir dan dengan perubahan ini, lawan akan memiliki lebih banyak pemain yang berada dalam kondisi segar di fase pertandingan ini, di mana kami cenderung memanfaatkan kelelahan ini,” ujar Setien, sebagaimana dikutip dari Goal, Sabtu (30/5/2020).

Barcelona memang diketahui akan mulai kembali melakoni pertandingan di ajang Liga Spanyol musim ini. Kompetisi tersebut dipastikan akan kembali bergulir pada 11 Juni setelah sempat terhenti sementara akibat merebaknya virus corona.

BERITA REKOMENDASI