Soal Stadion Piala Dunia, Kemenpora Minta PSSI Jujur

YOGYA, KRJOGJA.com – Pernyataan Ketua Umum PSSI, M Iriawan terkait enam venue Piala Dunia U-20 menuai berbagai tanggapan. Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) pun angkat bicara terkait mencuatnya pernyataan yang membuat masyarakat sepakbola mulai berpolemik tersebut.

Sesmenpora, Gatot S Dewobroto mengungkap Jumat (26/6/2020) lalu, pihaknya melakukan Rapat Koordinasi (Rakor) yang dihadiri Plt Sekjen PSSI Yunus Nusi, Deputi Sekretaris Kabinet, Deputi Kementerian Koordinator PMK, Deputi Setneg, dan Deputi Kementrian Keuangan. Rapat menurut Gatot membahas terkait pelaksanaan Piala Dunia U-20 yang diagendakan pada Mei-Juni 2021 mendatang.

Gatot memastikan dapat rapat tersebut tidak ada pernyataan PSSI yang menyebutkan FIFA telah memastikan enam stadion venue Piala Dunia U-20 sudah final. Justru pemerintah menurut Gatot yang menanyakan kelanjutan komunikasi PSSI dengan FIFA dalam agenda rapat tersebut.

“Jadi soal penunjukkan stadion ini adalah ranahnya PSSI, artinya federasi harus berkonsultasi dengan FIFA. Nah kemudian setelah itu baru mereka (PSSI) melaporkan pada pemerintah, bisa KemenPUPR terkait anggaran, maupun Kemenpora. Disampaikanlah surat dari Pak Ketum PSSI pada FIFA, menunjukkan rujukan enam stadion yang diusulkan itu. Belum ada kata putusan dari FIFA. Masih hanya menyebutkan saja, catatan-catatan dari stadion-stadion ini, itupun setelah kami mintakan, tanyakan komunikasi terakhir dengan FIFA bagaimana,” ungkap Gatot ketika dihubungi media Yogyakarta, Minggu (28/6/2020).

BERITA REKOMENDASI