Spurs Tergoda Jual Harry Kane

LONDON, KRJOGJA.com – Masa depan Harry Kane bersama Tottenham Hotspur kembali menjadi perbincangan. Mantan pemain belakang Si Lili Putih, Ramon Vega, menduga pihak klub sedang tergoda untuk menjual sang kapten demi dana segar.

Chairman Tottenham Hotspur, Daniel Levy, belum lama ini meyakinkan manajer Jose Mourinho bahwa klub memiliki dana transfer yang cukup. Dengan begitu, mereka tidak perlu menjual pemain bintang, apalagi Harry Kane.

Padahal, Tottenham Hotspur diketahui meminjam dana sebesar 175 juta poundsterling (setara Rp3,37 triliun) dari Bank of England. Dana tersebut sengaja dipinjam karena klub gagal mendapatkan tambahan uang dari sektor lain, yakni penyewaan Stadion Tottenham Hotspur.

Pembangunan stadion megah itu sendiri sudah cukup menyedot keuangan klub. Ditambah kegagalan lolos ke Liga Champions 2020-2021, otot finansial Tottenham Hotspur diyakini melemah. Karena itu, Ramon Vega yakin klub sedang berpikir untuk menjual Harry Kane.

“Godaan selalu ada. Ketika seorang pemain menjadi daya tarik dan ada yang berminat membayar, maka ini murni perhitungan bisnis. Dengan uang besar itu, Anda mungkin bisa membeli 3-4 pemain. Menurut saya, Harry Kane bisa mendatangkan uang berlimpah untuk membeli pemain baru,” terang Ramon Vega, dikutip dari Goal, Selasa (25/8/2020).

“Juga menjadi pertanyaan, Harry Kane ingin pergi atau tidak? Dari sudut pandang saya, dia adalah seorang anak Tottenham Hotspur, yang naik dari akademi. Namun, di saat bersamaan, ia ingin memenangi piala,” imbuh pria berkebangsaan Swiss itu.

Trofi memang menjadi alasan utama Harry Kane siap mengkhianati klub yang dicintainya itu. Ambisi pemain berusia 27 tahun itu sangat tinggi untuk memenangi trofi. Sementara itu, Tottenham Hotspur sangat sulit untuk bisa menjadi juara di ajang apa pun sejauh ini.

Alasan itu bisa membuat Tottenham Hotspur pada akhirnya mengambil keputusan ekstrem, menjual Harry Kane, ketika masih diminati banyak klub. Dilansir dari Transfermarkt, harga pasaran pemain kelahiran London itu ditaksir pada kisaran 108 juta poundsterling (setara Rp2,08 triliun).

Harga tersebut tentu hanya patokan awal. Harry Kane bisa dilepas dengan banderol yang lebih tinggi. Dana 108 juta poundsterling atau 120 juta Euro, tentu sangat berguna untuk mendatangkan sejumlah pemain incaran yang berkualitas.

Permasalahan berikutnya, siapa klub yang berani menggelontorkan dana besar untuk merekrut Harry Kane. Catatan 188 gol dalam 287 penampilan memang sangat menarik, tetapi di tengah pandemi yang berdampak pada keuangan klub, tidak akan banyak yang bisa menggaetnya di musim panas 2020.

BERITA REKOMENDASI