Stadion Allianz Arena Berarsitektur Unik dan Menawan

MEMILIKI bentuk konstruksi stadion yang unik menjadi ciri dari stadion Allianz Arena yang berada di Kota Munich, Jerman. Stadion berkapasitas 75.000 orang itu resmi digunakan sejak 2005 dan menjadi markas dari Bayern Munich.

Nama Allianz diambil dari nama sponsor utama pembangunan stadion tersebut. Allianz adalah perusahaan asuransi dan keuangan yang bermarkas di Munich.

Arsitek Allianz Arena merupakan arsitek kelas dunia asal Swiss, Herzog and de Meuron. Firma arsitektur yang didirikan tahun 1978 sudah punya reputasi internasional yang bagus.

Herzog sudah mengantongi penghargaan prestisius di bidang arsitektur, yaitu Pritzker Awards tahun 2001. Selain Allianz Arena, arsitek Swiss itu juga menangani Stadion Nasional Beijing, Tate Modern Bankside London, Taman St Jacob Stadion di Bassel, dan Gedung Forum Budaya Universal di Barcelona.

Untuk bagian rekayasa teknologi, manajemen proyek, dan semua aspek pembangunan Allianz Arena dikerjakan oleh Arup, sebuah firma level dunia yang bermarkas di London Inggris. Pembangunan konstruksi Allianz Arena sudah dimulai sejak 2002 dan baru selesai tiga tahun kemudian. Total biaya yang dikeluarkan mencapai 340 juta euro atau sekira Rp5,1 miliar.

Stadion Allianz Arena pertama kali menjadi tempat penyelenggara final Liga Champions pada musim 2011-2012. Pada kompetisi tersebut sang tuan rumah Bayern takluk dari klub asal Inggris, Chelsea melalui drama adu penalti dengan skor 3-5.

Pertandingan level internasional tertinggi yang pernah digelar adalah semi final Piala Dunia 2006, mempertemukan Portugal melawan Prancis. Di laga tersebut gol semata wayang Zinedine Zidane dari titik putih berhasil menghempaskan Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan. (*)

BERITA REKOMENDASI