Stadion Sultan Agung Berpeluang Gelar Liga Santri Nusantara Regional DIY

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Bantul berpeluang menjadi tuan rumah perhelatan Liga Santri Nusantara Regional DIY 2019. Stadion Sultan Agung (SSA) digadang-gadang bakal dipilih sebagai venue gelaran pesta sepak bola bagi para santri di wilayah DIY tersebut.

Sebelumnya, Liga Santri Nusantara Regional DIY 2019 direncanakan digelar di Stadion Tridadi Sleman. Namun dengan berbagai pertimbangan akhirnya panitia membatalkannya dan memilih opsi lain untuk lokasi pelaksanaan even ini.

Ketua Panitia Pelaksanan, Abdul Muiz menjelaskan ada beberapa perubahan dari rencana awal yang telah disusun. Namun ia memastikan lokasi gelaran bakal dilaksanakan jika tidak di Sleman atau Bantul.

“Kalau tidak di Sleman atau Bantul, karena wilayah ini paling banyak terdapat pesantren. Bila mungkin malah akan dilaksanakan di Stadion Sultan Agung (Bantul) karena pertimbangan kapasitas penonton dan kelayakan stadion,” terangnya saat sosialisasi Liga Santri Nusantara Regional DIY 2019 di Pondok Pesantren (Ponpes) An Nur Bantul, Senin (16/09/2019).

Perubahan lainnya yakni pada waktu pelaksanaan, sebelumnya kick off dijadwalkan pada 1 Oktober namun akhirnya diundur menjadi 5 Oktober. Namun untuk pelaksanaan Liga Santri Nusantara 2019 tingkat nasional tak mengalami perubahan yakni tetap pada 28 Oktober mendatang di Bogor Jawa Barat.

Sementara itu Koordinator Liga Santri Nusantara Regional DIY 2019, Eko Djoko Widyatno SH menambahkan ditargetkan 16 tim akan bertarung dalam turnamen ini. Ia menegaskan panitia akan memberlakukan ‘screening’ ketat untuk memastikan para pemain benar-benar merupakan santri dari ponpes.

“Para pemain maksimal berusia 17 tahun, tujuannya agar kedepan dapat dilakukan pembinaan untuk jenjang sepak bola nasional. Tentunya kita semua bangga jika ada pemain-pemain di Timnas Indonesia yang merupakan santri,” jelasnya.

Panitia tidak akan membatasi tim dari ponpes. Artinya dalam satu ponpes diperbolehkan mengirimkan lebih dari satu tim. Ia juga berharap nantinya tim terbaikah yang akan mewakili DIY dalam ajang Liga Santri Nusantara Regional 2019 tingkat nasional. (*)

BERITA REKOMENDASI