Sukses di Berbagai Klub, Guardiola Pelatih Ajaib

MUNICH, KRJOGJA.com – Penggawa Bayern Munich, Thiago Alcantara, melontarkan pujian setinggi langit kepada mantan pelatihnya, Josep Guardiola. Menurutnya, Guardiola adalah pelatih yang ajaib karena berhasil membawa setiap klub yang ditanganinya merengkuh kesuksesan.

Guardiola memang mencatatkan karier yang gemilang sebagai pelatih. Di Manchester City saat ini, pelatih berkebangsaan Spanyol itu berhasil mengantarkan klub meraih berbagai gelar juara, mulai dari Liga Inggris, Piala Liga Inggris, Piala FA, hingga Community Shield.

Sebelum di Man City, Guardiola juga telah sukses melatih Barcelona serta Bayern. Selama empat tahun menangani Blaugrana –julukan Barcelona, ia dapat mempersembahkan dua gelar juara Liga Champions, tiga gelar Liga Spanyol, dua kali juara Copa del Rey, tiga trofi Piala Super Spanyol, dua gelar di Piala Dunia Antarklub FIFA, dan masih banyak lagi.
Begitu juga saat melatih Bayern, Guardiola bisa membuat klub merengkuh sederet gelar juara. Satu gelar Piala Dunia Antarklub FIFA, satu trofi Piala Super UEFA, dua trofi Piala DFB, hingga tiga gelar juara Liga Jerman.

Melihat kondis ini, Alcantara pun terkesan. Menurutnya, kemampuan Guardiola benar-benar berkembang pesat dari tahun ke tahun sehingga membuat sosoknya semakin spektakuler. Karier yang lebih cemerlang pun diyakini Alcantara bakal ditunjukkan Guardiola.

“Saya selalu membuat pertimbangan bahwa pelatih bekerja seperti para pemain. Ketika Anda menempatkan pemain di tim yang hebat, ia menjadi lebih baik dan membuat semua rekan setimnya menjadi lebih baik. Dari tahun ke tahun, Guardiola menjadi lebih baik sebagai pelatih, bukan hanya karena pengalaman, tetapi juga karena memiliki pemain yang lebih baik dan ia bisa melakukan hal-hal yang lebih baik dengan mereka di lapangan,” ujar Alcantara, sebagaimana dikutip dari Goal, Kamis (1/8/2019).

"Dia menjadi lebih ajaib, lebih berpengalaman, lebih taktis, lebih banyak segalanya. Dia pernah berada di latihan U-16 Barcelona. Saya ada di sana bersama rekan satu tim saya dan dia hanya mengajari kami cara memainkan permainan posisi. Kami sedang latihan dan dia melihat dua atau tiga dari kami sedikit berbeda. Dia datang bersama kami dan berkata, 'Apa yang kamu lakukan dengan bola itu bagus, tapi coba lakukan dengan cara ini.’ Anda selalu menganggap serius apa yang dikatakan orang berpengalaman kepada Anda,” lanjutnya.

“Kamu bisa merasakan dia sangat memperhatikan hal-hal taktis dan teknis. Anda bisa melihat dia sangat bagus dan dia adalah Pep Guardiola, mantan pemain. Anda harus menghargai itu dan belajar dari itu. Gairah dan komitmen untuk olahraga ini, saya pikir adalah hal terbesar yang dia ajarkan kepada saya. Tapi pada saat itu, Anda tidak bisa mengatakan dia akan luar biasa di masa depan,” tukas Alcantara.

 

BERITA REKOMENDASI