Tae Yong Ingin Buat Sejarah di Indonesia

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Shin Tae Yong mengungkapkan alasan memutuskan untuk menjadi pelatih Timnas Indonesia. Tae Yong mengatakan dia ingin sukses seperti kompatriotnya, Park Hang Seo, yang sukses melatih timnas Vietnam.

Tae Yong tergugah dengan keberhasilan dan kepopuleran Hang Seo setelah sukses menyulap Vietnam menjadi tim yang amat disegani di Asia Tenggara. Mantan pelatih Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu pun ingin mengikuti Hang Seo menaklukkan tantangan baru baginya.

"Tuan Park [Hang Seo] sudah melakukan banyak hal sehingga meningkatkan citra sepak bola Korea di Vietnam dengan kepemimpinannya. Dia sudah menciptakan Vietnam yang tergila-gila dengan sepak bola Korea."

"Jika bukan karena dia [Hang Seo], mungkin Indonesia akan mencari pelatih asing yang lain, bukan saya," ujar Tae Yong.

Hang Seo begitu populer di Vietnam saat ini lantaran mampu mengangkat prestasi sepak bola Vietnam. Pelatih 60 tahun itu menangani Vietnam pada November 2017.

Baru tiga bulan menangani Vietnam, Hang Seo mampu membawa The Golden Star ke final Piala Asia U-23. Di final, Vietnam kalah dari Uzbekistan 1-2 melalui babak tambahan waktu 2×15 menit. (*)

BERITA REKOMENDASI