Tanpa KITAS, Pemain Asing Dilarang Tampil

JAKARTA (KRjogja.com) – Menpora Imam Nahrawi di Jakarta, Senin (5/9/2016) menegaskan bahwa pemain asing yang tidak memiliki KITAS (Kartu izin Tinggal Terbatas) dilarang tampil di Indonesia. Karena itu pihak Kemenpora telah minta kepada PT Gelora Trisula Semesta (GTS) selaku operator kompetisi Indonesia Soccedr Championship untuk lebih tegas dalam menegakkan aturan.

"Kami sudah berkirim surat kepada GTS yang isinya mengingatkan kembali mereka agar prosedural pemain asing segera diselesaikan. Kalau masih ada kejadian seperti yang terjadi sekarang, berarti masalahnya ada di operator," ujar Imam.

Sebelumnya, Save Our Soccer (SOS) telah merilis temuan mereka bahwa ada 81 pemain asing dari 11 klub peserta ISC  tidak memiliki Kartu Izin Tinggal Sementara/Terbatas (KITAS).  Atas munculnya hasil temuan tersebut Menpora sempat mengancam akan memberikan sanski jika kasus itu tidak terselesaikan. Dalam keterangannya pekan lalu, GTS mengaku sudah melakukan komunikasi dengan klub demi menuntaskan persoalan tersebut. 

Masalah KITAS  pemain asing  sebenarnya sudah terjadi sejak dulu. Imam menduga ada pembiaraan yang dilakukan oleh operator, karena mereka tidak pernah tegas. Namun untuk kasus yang terakhir ini Kemenpora tidak akan memberikan toleransi lagi. (Fon)

BERITA REKOMENDASI