TC Timnas Indonesia Ditunda, Ini alasan Shin Tae-yong

Editor: KRjogja/Gus

JAKARTA, KRJOGJA.com – Manajer pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Shin Tae-yong, mengungkap kenapa Training Center (TC) atau pemusatan latihan skuad Garuda belum kunjung dimulai. Ketika diwawancarai media Korea Selatan (Korsel), Yonhap News, Shin Tae-yong menyebut tak bisa menggelar pemusatan latihan karena masih menunggu hasil swab test 75 pemain personel Timnas senior dan U-19 Indonesia.

Sedianya, Timnas senior dan U-19 Indonesia menggelar pemusatan latihan di Stadion Madya, Jakarta, dari 23 Juli hingga 8 Agustus 2020. Pada dua hari awal yakni 23 dan 24 Juli 2020, para pemain menjalani rapid dan swab test.

Rencananya pada Sabtu 25 Juli 2020, pemusatan latihan akan digelar di Stadion Madya. Namun, TC saat itu dibatalkan dan diundur menjadi Sabtu 1 Agustus 2020. Ketika pelatih Shin Tae-yong benar-benar siap memimpin latihan skuad Garuda, TC lagi-lagi dibatalkan.

Lantas, kenapa TC yang seharusnya digelar 1 Agustus 2020 lagi-lagi dibatalkan? Dalam pengakuan Shin Tae-yong kepada media Korea Selatan, pelatih 49 tahun itu mengaku belum bisa menggelar TC karena masih menunggu hasil swab test. Sekadar informasi, pada Kamis 30 Juli 2020, seluruh pemain Timnas Indonesia U-19 dan senior kembali menjalani swab test.

“Saya ingin memulai latihan secepatnya, tapi saya tidak tahu kapan itu akan terjadi. Tanyakan saja kepada PSSI. Saya ingin berlatih pada 1 Agustus, tapi itu ditunda karena menunggu hasil swab test,” kata Shin Tae-yong kepada Yonhap News.
Saat ini, para pemain Timnas Indonesia U-19 dan senior masih berada di salah satu hotel di kawasan Senayan, Jakarta Pusat. Meski menetap di hotel, mereka tetap menjalankan program latihan mandiri yang diberikan Shin Tae-yong.

“Pelatih Shin Tae-yong berkeinginan melihat swab test secara keseluruhan sehingga baru akan memulai latihan perdana. Yang jelas meski belum latihan di lapangan, pelatih Shin Tae-yong juga memberikan program latihan kepada pemain selama di hotel,” kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengutip dari laman resmi PSSI.

Event terdekat, Shin Tae-yong akan membawa Timnas senior Indonesia tampil di tiga pertandingan sisa Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Sebut saja kontra Thailand (tandang), Uni Emirat Arab (kandang) dan Vietnam (tandang).

Sementara di level U-19, Timnas Indonesia akan turun di Piala Asia U-19 yang digelar di Uzbekistan pada 14-31 Oktober 2020. Timnas Indonesia U-19 tergabung di Grup A bersama tuan rumah Uzbekistan, Iran dan Kamboja.

Hasil maksimal di Piala Asia U-19 2020 dijadikan target. Sebab, jika tampil maksimal di ajang, kepercayaan diri Bagas Kaffa dan kawan-kawan dipercaya akan naik ketika tampil di Piala Dunia U-20 2021 yang digelar di Tanah Air.

BERITA REKOMENDASI