Tekuk Bilbao, Barca Kuntit Las Palmas

BILBAO (KRjogja.com) – Barcelona berhasil meraih kemenangan 1-0 atas Athletic Bilbao pada matchday kedua La Liga musim 2016-2017 di Stadion San Mames, Senin (29/8/2016) dini hari WIB. Tambahan tiga angka membuat armada Luis Enrique menempel Las Palmas yang ada di posisi puncak.

Jalannya pertandingan

Babak Pertama

Barcelona langsung menggebrak sejak peluit babak pertama dibunyikan. Belum apa-apa, armada Luis Enrique sudah menebar ancaman untuk tuan rumah. Pertandingan baru berjalan tiga menit, peluang emas sudah tercipta untuk tim tamu.

Denis Suarez yang mendapat umpang mendatar Ivan Rakitic, melepaskan placin dari luar kotak penalti. Sayang tendangannya masih belum menemui sasaran.

Berselang dua menit, Barca nyaris mencetak gol melalui Arda Turan. Ia sukses mengonversi umpan silang Luis Suarez. Namun, mantan pemain Liverpool itu sudah terperangkap offside terlebih dahulu sebelum menerima umpan dari Messi.

Tuan rumah berbalik menyerang. Menit 12, Bilbao mendapat peluang emas saat Ter Stegen salah melakukan umpan yang justru mampu dicuri Bernat. Tanpa pikir panjang, ia pun langsung melepaskan tembakan ke arah gawang. Sayang bola masih mengenai wajah dari Ter Stegen.

Barcelona yang terus menekan pertahanan tuan rumah Athletic Bilbao akhirnya sukses memecah kebuntuan di menit 21 melalui Ivan Rakitic. Berawal dari serangan balik cepat, Arda Turan yang menyisir sisi kiri melepaskan umpan silang ke kotak penalti yang langsung disambut dengan sundulan keras Rakitic.

Lima menit jelang turun minum, Bilbao kembali mendapat peluang. Kali ini datangnya dari Aduriz yang mendapat ruang tembak. Pemain asal Spanyol itu melepaskan tembakan dari luar kotak penalti namun masih mampu diamankan dengan baik oleh Ter Stegen. Hingga babak pertama usai, skor masih 1-0 untuk keunggulan tim tamu.

Babak kedua

Selepas turun minum, tuan rumah yang tertinggal langsung membuka asa. Melalui skema sepak pojok, Laporte yang melakukan overlap berhasil mengungguli Pique untuk menanduk bola. Sayang sundulannya masih jauh dari gawang.

Menit 54 giliran Barca yang mengancam gawang Bilbao. Diawali kerja sama apik antara Turan, Denis, serta Suarez memberikan umpan manis ke Messi. La Pulga yang menerima bola melepaskan tembakan melengkung yang menyamping tipis di sisi gawang Iraizoz.

Jual beli serangan kembali terjadi pada laga kali ini. Los Leones terus menekan pertahanan Barca untuk mencari gol penyimbang. Kali ini giliran Inaki yang mencoba peruntungannya. Tendangannya dari dalam kotak penalti masih tepat kepelukan Ter Stegen.

Barca membalas serangan tuan rumah di menit 81 melalui Luis Suarez. Top skor musim lalu itu mendapat umpan matang dan berhasil menggocek dua bek Bilbao dan langsung melepaskan tembakan dari jarak dekat. Namun karena posisi yang tidak pas, tembakannya justru melenceng jauh.

Di sisa pertandingan, Bilbao terus mengurung pertahanan tim tamu. Namun rapatnya lini belakang yang digawangi Pique sukses menghalau setiap serangan Los Leones. Hingga peluit panjang, Blaugrana pun sukses mengamankan kemenangan 1-0.

Susunan pemain:

Athletic Bilbao XI: Iraizoz; De Marcos, Bóveda, Laporte, Balenziaga; Iturraspe (Vesga 62’), Beñat, Eraso (Raul Garcia 62’); Williams, Aduriz, Susaeta (Muniain 76’).

Barcelona XI: Ter Stegen; Sergi, Pique, Umtiti (Mascherano 71’), Alba; Busquets, Rakitic, Denis (Gomez 71’); Messi, Suarez, Arda (Rafinha 84’). (*)

 

BERITA REKOMENDASI