Terkait Skandal Pengaturan Skor, Mbah Putih Ditangkap Satgas

SLEMAN, KRJOGJA.com – Dwi Irianto yang akrab disapa Mbah Putih Jumat (28/12/2018) pagi ditangkap Satgas Anti Mafia Sepakbola di salah satu hotel kawasan Jalan Laksda Adisutjipto. Mbah Putih diamankan atas dugaan keterlibatan pengaturan skor yang terjadi di Liga 2 dan Liga 3. 

Penangkapan tersebut dibenarkan putra Mbah Putih, Dika saat berbincang dengan KRjogja.com Jumat (28/12/2018) siang. Menurut dia, sang ayah dijemput pihak kepolisian pagi tadi sekitar pukul 08.00 WIB lebih dan sempat kembali ke kediamannya kawasan Demangan Gondokusuman Yogyakarta. 

“Tadi sekitar jam 8-an lebih saya lupa pastinya, di mana (penangkapan) saya juga tidak tahu tapi yang jelas di rumah sudah bersama orang-orang itu tadi. Kami kaget jujur tidak menyangka bakal seperti itu,” ungkapnya. 

Dika mengungkap bahwa sang ayah sempat dibawa ke Polsek Gondokusuman sebelum diterbangkan ke Jakarta pukul 14.00 siang tadi. “Tadi seturut informasi sempat dibawa ke Polsek Gondokusuman, tapi siang ini jam 14.00 infonya sudah ke Jakarta,” sambungnya. 

Sementara terkait upaya lanjutan yang akan dilakukan, keluarga belum menentukan langkah lebih lanjut. “Kami masih akan melihat dulu seperti apa, belum ada langkah saat ini. Jujur kami masih kaget,” pungkasnya. 

Satgas Anti Mafia Sepakbola sendiri menangkap Mbah Putih atas dugaan keterlibatan pengaturan skor di Liga 2 dan Liga 3 Indonesia. Mbah Putih disebut memiliki peran sebagai penyandang dana dalam pengaturan skor meski masih akan terus didalami. 

Kapolsek Gondokusuman, Kompol Bonifasius Slamet juga membenarkan bahwa Mbah Putih sempat dibawa transit ke Polsek Gondokusuman sekira pukul 09.00 WIB pagi tadi. Namun Kapolsek enggan memberikan keterangan lantaran kasus tersebut ditangani Mabes Polri. 

“Benar (sempat dibawa ke Polsek) karena berada di wilayahnya. Tadi sekitar pukul 09.00 WIB. Tapi untuk keterangan lebih lanjut menjadi kewenangan Mabes Polri,” tandasnya. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI