Timnas Belanda Oede Bakal Punya Masa Depan Cerah

AMSTERDAM, KRJOGJA.com – Pelatih Timnas Belanda, Ronald Koeman, meyakini kalau skuad De Oranje yang ditanganinya saat ini memiliki masa depan cerah. Hal tersebut tentunya tak lepas dari hadirnya sejumlah pemain muda berkualitas yang menghuni Timnas Belanda.

Setelah menjadi runner-up dalam gelaran Piala Dunia 2014 di Brasil, Timnas Belanda pun mulai mengalami masa-masa sulit. Puncaknya, De Oranje gagal berlaga di putaran final Piala Dunia 2018 Rusia. Kondisi itu tak ayal membuat Timnas Belanda berbenah, utamanya dalam melakukan regenerasi skuad.

Layaknya gayung bersambut, klub-klub di Liga Belanda pun mulai menelurkan pemain-pemain muda berkualitas, seperti Matthijs de Ligt, Frenkie de Jong, Donny van de Beek, hingga Steven Bergwijn. Perlahan tapi pasti, Timnas Belanda mulai menunjukkan kembali kelasnya.

“Kami memiliki masa depan yang hebat. Dalam beberapa tahun terakhir ini adalah generasi terbaik. Tetapi, mereka (para pemain) baru saja memulai. Mereka memiliki bakat besar. Kami selalu membawa pemain muda yang bagus melalui sistem dari apa yang kami miliki di Belanda. Kami adalah negara yang akan selalu menghasilkan pemain muda yang bagus,” ujar Koeman, mengutip dari SBS, Selasa (4/6/2019).

"Terkadang dalam sepakbola seperti ini, pemain muda berbakat datang melalui sistem. Suasana di sekitar tim nasional telah berubah dan itu tergantung pada para pemain dan bagaimana kita memulai di UEFA Nations League," lanjutnya.

Ronald Koeman

Berikutnya Timnas Belanda akan menghadapi Inggris di babak semifinal UEFA Nations League 2019. Menurut Koeman, turnamen yang baru dibentuk oleh UEFA itu adalah solusi tepat untuk membantu negara-negara di Eropa meningkatkan kualitasnya. (*)

 

BERITA REKOMENDASI