Timnas Bertemu Australia di Perempat Final

Editor: Ivan Aditya

MALAYSIA, KRJOGJA.com – Timnas Indonesia U-16 bakal bersua Australia di babak perempat final Piala Asia U-16 2018. Tim berjulukan Joeys ini tentu bukan lawan enteng jika melihat reputasi mereka di ajang internasional, terutama di level dunia.

Australia bisa dibilang langganan Piala Dunia U-17. Sejak ajang itu digelar pada 1985, Australia sudah tampil 12 kali dari 17 edisi. Yang lebih mengesankan, Joeys sembilan kali lolos dari fase grup dalam 12 kali partisipasi mereka di turnamen tersebut.

Pencapaian tertinggi mereka adalah final Piala Dunia U-17 1999. Australia yang saat itu berstatus tuan rumah kalah dari timnas Brasil melalui drama adu penalti dengan skor 7-8.

Pencapaian yang paling sering mereka raih di fase gugur adalah babak perempat final sebanyak enam kali. Sedangkan dua lainnya adalah tembus ke babak 16 besar.

Keikutsertaan terakhir tim Negeri Kanguru tersebut adalah Piala Dunia U-17 2015 di Chile. Saat itu mereka tembus hingga babak 16 besar.

Sedangkan pada edisi 2017 di India, Australia tak ikut berpartisipasi di Piala Dunia U-17 karena gagal lolos ke babak perempat final Piala Asia U-16 2016. Mereka bahkan finis di dasar klasemen Grup B lantaran selalu kalah dari tiga laga yang dilakoni. Raihan itu merupakan yang terburuk bagi Joeys sejak kali pertama tampil di Piala Asia U-16 pada 2008. (*)

BERITA REKOMENDASI