Timnas Indonesia Bidik Lolos ke Semifinal Piala AFF U-22, Ini Hitungannya

PHNOM PENH, KRJOGJA.com – Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-22 belum memastikan tempat di semifinal Piala AFF U-22 2019. Sebab, pada dua laga awal, skuad Garuda Muda –julukan Timnas Indonesia U-22– hanya bermain imbang 1-1 kontra Myanmar dan 2-2 versus Malaysia.

Koleksi dua poin belum cukup meloloskan Timnas Indonesia U-22 mentas di fase gugur. Sekarang yang jadi pertanyaan, bagaimana caranya agar tim asuhan Indra Sjafri itu dapat ambil bagian di semifinal?

Ada tiga cara yang dapat dilewati Timnas Indonesia U-22. Pertama, tentu saja kemenangan saat bersua tuan rumah Kamboja pada Jumat 22 Februari 2019 malam WIB. Timnas Indonesia U-22 akan otomatis lolos ke semifinal Piala AFF U-22 2019 asal menang atas Kamboja.

Peluang Garuda Muda menang atas Kamboja sebenarnya cukup terbuka. Sebab, Kamboja diperkirakan akan turun dengan pemain lapis kedua setelah sudah dipastikan lolos ke semifinal dengan status juara grup. Hal itu setelah Soth Rasib dan kawan-kawan meraih kemenangan di dua laga awal, yakni 1-0 kontra Malaysia dan 2-0 versus Myanmar.

Syarat kedua Indonesia hanya butuh hasil imbang di laga kontra Kamboja di partai pamungkas fase grup. Hal itu asalkan di laga lain, Myanmar dan Malaysia bermain imbang. Jika kondisi di atas terjadi, Indonesia akan finis di posisi runner-up grup dengan koleksi tiga angka, disusul Malaysia dan Myanmar di tempat ketiga serta empat dengan raihan dua poin.

Kemudian, syarat terakhir yang paling ekstrem. Timnas Indonesia U-22 tetap bisa lolos meski kalah dari Kamboja. Akan tetapi, di saat yang bersamaan Malaysia dan Myanmar harus bermain imbang dengan skor 0-0.

Ambil contoh Indonesia kalah 0-1 dari Kamboja. Andai kondisi di atas terjadi, Indonesia, Malaysia dan Myanmar akan memiliki poin identik yakni dua. Akan tetapi, Indonesia dapat mencetak gol lebih banyak, yakni tiga bola berbanding dua milik Malaysia dan satu kepunyaan Myanmar. (*)

BERITA REKOMENDASI