Timnas Indonesia Masuk Grup Neraka

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA (KRjogja.com) – Hasil undian pembagian grup Piala AFF 2016 memaksa Timnas Indonesia  harus berada di group neraka bersama Thailand, Singapura dan tuan rumah Filipina. Menanggapi hasil undian yang tidak menguntungkan bagi Indonesia ini, pelatih Timnas Senior Indonesia Alfred Riedl mengatakan jika hasil undian harus diterima. Dia pun mengakui jika Indonesia berada di grup yang sulit, tapi dirinya menilai optimis bisa meloloskan target lolos ke semi final untuk Timnas.

"Jika melihat undian, target paling realistis yakni lolos ke babak semi final. Terlebih persiapan yang kita hadapi tidak memiliki banyak waktu, mengingat ada banyak faktor yang mengiringi pembentukan Timnas," tukas Riedl.

Melihat peta kekuatan calon lawannya, lawan terberat diakui pelatih asal Austria ini adalah Thailand, tantangan terberat kedua Indonesia adalah Filipina, mengingat negara tagalog ini telah menjelma menjadi tim terkuat kedua di Asia Tenggara, melebihi Malaysia. Sementara dengan Singapura, Riedl mengaku kekuatan Indonesia seimbang.

Sejauh ada persiapan Timnas sendiri baru akan berjalan pada 8 Agustus mendatang untuk tahap seleksi pemain pertama. Ada 47 pemain yang masuk dalam daftar seleksi, yang akan dibagi dalam dua tahap seleksi. Dalam sejarah keikutsertaan Indonesia di Piala AFF pada dua edisi terakhir, Tim Garuda selalu gagal lolos dari fase grup. Indonesia ingin mengulang raihan prestasi ketika di Piala AFF 2010 lalu sebagai runner-up. (*)

BERITA REKOMENDASI