Timnas Indonesia Tekuk Timor Leste 3-1

JAKARTA, KRJOGJA.com – Dalam pertandingan kedua Grup B Piala AFF 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (13/11/2018), timnas Indonesia menang 3-1 atas Timor Leste. Tiga gol timnas Indonesia masing-masing dipersembahkan Alfath Faathier, Stefano Lilipaly, dan Beto Goncalves.

Timnas Indonesia membutuhkan kemenangan di pertandingan ini demi memelihara peluang lolos ke semifinal. Pasalnya, Stefano Lilipaly dan kawan-kawan kalah tipis 0-1 dari Singapura di pertandingan pertama, Jumat (9/11/2018).

Melawan Timor Leste, Timnas Indonesia memainkan formasi 4-4-1-1 dengan ujung tombak Beto Goncalves. Di sisi sayap, Bima Sakti menurunkan Febri Haryadi dan Andik Vermansah.

Di luar dugaan, Timor Leste lebih dulu mengambil inisiatif serangan. Lewat kedua sayap, tim asuhan Norio Tsukitake ini mencoba membongkar pertahanan timnas Indonesia.

Sementara itu, timnas Indonesia mengandalkan umpan silang untuk mencari gol. Timnas Indonesia baru benar-benar memperoleh peluang emas lewat tendangan Fachruddin.

Namun tendangannya masih membentur mistar gawang Timor Leste. Hingga babak pertama selesai, belum ada gol yang tercipta.

Gawang Timnas Indonesia bobol pada menit 47. Tendangan keras Rufino Walter Gama dari luar kotak penalti gagal ditahan Andritany.

Timnas Indonesia mencoba membalas ketinggalan dari Timor Leste. Namun hingga menit 53, gawang Timor Leste masih aman-aman saja.

Timnas memeroleh dua peluang emas masing-masing lewat Evan Dimas dan Septian David. Namun gol justru datang dari Alfath Faathier di menit 60.

Tendangan pemain yang berposisi sebagai bek kiri ini luput dari tangkapan kiper TimorLeste, Fagio. Kedudukan pun berubah menjadi 1-1.

Timnas Indonesia berbalik unggul ketika Lilipaly mencetak gol lewat tendangan penalti di menit 69. Gelandang Bali United ini sendiri masuk menggantikan Septian David Maulana.

Unggul 2-1, timnas Indonesia tidak mengendurkan serangan. Hasilnya, Beto Goncalves menambah keunggulan timnas Indonesia setelah memanfaatkan umpan silang Rico Simanjuntak di menit 82.

Hingga babak kedua selesai, tidak ada gol tambahan yang tercipta. Timnas Indonesia pun memetik tiga poin pertama di Piala AFF 2018.(*)

BERITA REKOMENDASI