Timnas Indonesia U-19 Imbangi Thailand di PSSI Anniversary Cup

BOGOR, KRJOGJA.com – Timnas Indonesia U-19 bermain imbang 2-2 kontra Thailand dalam gelaran PSSI Anniversary Cup U-19 2018. Indonesia dan Thailand bermain sama kuat, di mana kedua kesebelasan saling melancarkan jual beli serangan.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama:

Timnas Indonesia tampil menggebrak sejak awal laga. Baru satu menit laga berjalan, skuad asuhan Indra Sjafri itu sudah langsung membahayakan gawang Thailand. Serangan militan pemain Indonesia, membuat baris pertahanan Thailand kerepotan. Sayangnya, usaha tersebut belum diselesaikan dengan finishing yang maksimal.

Gagal pada peluang pertama tak lantas menurunkan semangat para pemain Indonesia. Mereka terus menguasai bola guna mencari peluang menembus pertahanan Thailand. Setelah cukup lama melakukan oper-operan, di menit kedelapan Firza Andika mencoba peruntungannya dengan melepaskan tembakan jarak jauh. Akan tetapi, bola masih melenceng dari gawang lawan.

Di menit ke-12, Indonesia hampir saja membuka keunggulan. Umpan silang Syahrian Abimanyu dari sisi kiri lapangan gagal diantisipasi dengan baik oleh kiper Thailand. Bola liar yang mengarah kepada Witan Sulaeman pun lekas disambutnya dengan tendangan. Akan tetapi, tendangan Witan tersebut masih melebar.

Alih-alih berusaha mencetak gol lebih dulu, Timnas Indonesia justru tertinggal 0-1 dari Thailand di menit ke-20. Pasalnya, Nakin Wistechat mmapu merebut bola dari kaki Firza Andika. Ia pun lekas mengirimkan umpan silang kepada Matee Sarakum yang berada di kotak penalti kesulitan. Tanpa pengawalan, Sarakum dengan mudahnya membobol gawang Indonesia yang dijaga M. Riyandi. Indonesia tertinggal 0-1.

Meski tertinggal satu gol, namun Indonesia pantang menyerah. Saddil Ramdani dan kolega terus berupaya mencari angka penyeimbang. Gol tersebut pada akhirnya tercipta di menit ke-34. Umpan tarik yang dilepaskan Saddil dari sisi kanan lapangan, lekas disambut oleh Witan Sulaeman yang berada di depan muka gawang Thailand. Papan skor pun berubah menjadi 1-1.

Empat menit berselang, Indonesia sebenarnya sempat kembali mengancam gawang Thailand melalui tendangan jarak jauh Saddil. Akan tetapi, kiper Thailand masih mampu mengamankan si kulit bundar. Babak pertama pun usai dengan kedudukan sama kuat 1-1.

Babak Kedua:

Memasuki babak kedua, permainan diawali dengan tensi lebih ringan. Kedua kesebelasan tidak lekas bermain terbuka. Baik Indonesia maupun Thailand nampaknya lebih berhati-hati agar tidak kebobolan lagi.

Peluang emas pertama di laga ini didapat oleh Thailand. Di menit ke-49, mereka menggempur lini pertahanan Indonesia. Serangkaian serangan dilancarkan ke gawang Indonesia, dimulai dari tendangan dari dalam kotak penalti yang bisa diblok, hingga tendangan jarak jauh yang masih melebar.

Di menit ke-57, Thailand kembali mengungguli Indonesia. Kali ini gol Thailand dilesakkan oleh Hassawat Nopnate melalui tendangan jarak jauh. Ia melepaskan tembakan kencang menggunakan kaki kirinya. Bola meluncur deras ke dalam gawang Indonesia tanpa bisa dibendung. Thailand pun memimpin 2-1.

Meski kembali tertinggal, namun semangat pemain Indonesia tak lantas surut. Pada menit ke-68, pasukan Garuda Nusantara hampir mencetak gol penyeimbang. Aksi Rivaldo Todd Vere yang dituntaskan dengan tendangan kerasnya meluncur ke gawang Thailand. Meski begitu, kiper Thailand masih bisa membendungnya.

ndonesia baru bisa menyamakan kedudukan di menit ke-80. Handball yang dilakukan Kritsana Daokrajai di kotak penalti membuat wasit menunjuk titik putih. Muhammad Lutfi Kamal yang maju sebagai eksekutor pun tak menyia-nyiakan kesempatan tersebut untuk dikonversi menjadi gol. Skor kembali sama kuat 2-2.

Di pengujung laga, Indonesia seharusnya bisa berbalik unggul seandainya tendangan Rivaldo Todd Fere tidak melebar. Hingga wasit meniup peluit panjang, tak ada tambahan gol yang tercipta. Pertandingan Indonesia vs Thailand berakhir dengan skor 2-2.

Susunan Pemain:

Timnas Indonesia U-19: M. Riyandi; Asnawi Mangkualam, Nurhidayat Haji Aris, Rachmat Irianto, Firza Andika; M.Luthfi Kamal, Syahrian Abimayu, Witan Sulaeman, Feby Eka Putra; Sadil Ramdani, M. Rafli Nursalim.

Timnas Thailand U-19: Krisawat Kongkot; Nakin Wisetchat, Anuson Jaipet, Kittitach Pranithi, Airfan Doloh, Kritsana Daokrajai, Saranyu Palangwan; Hassawat Nopnate, Chaiwat Weerakijphanich; Matee Sarakum, Sakubchai Saengthopho.

BERITA REKOMENDASI