Timnas Indonesia U-19 Wajib Menang Telak di Kualifikasi Piala Asia 2020

JAKARTA, KRJOGJA.com – Kemenangan dengan skor telak wajib diraih Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19 saat menghadapi Hong Kong di matchday kedua Grup K Kualifikasi Piala Asia U-19 2020, Jumat (8/11/2019) malam WIB. Sebab, selisih gol dijadikan tolok ukur penentuan klasemen akhir jika ada dua tim atau lebih memiliki koleksi poin yang sama.

Timnas Indonesia U-19 yang diprediksi menang besar atas Timor Leste, justru hanya menang 3-1. Kemenangan Timnas Indonesia U-19 atas Timor Leste tidak segila negara-negara Asia Tenggara lain yang turun di Kualifikasi Piala Asia U-19 2020.

Thailand yang berada di Grup K, menang 9-0 atas Brunei Darussalam dan menumbangkan Kepulauan Mariana Utara 21-0. Sementara itu, Malaysia yang juga berada di Grup K, menghajar Brunei 11-0.

Saat ini Timnas Thailand U-19 dan Malaysia menduduki posisi satu dan dua Grup G Kualifikasi Piala Asia U-19 2020 dengan koleksi enam angka. Hanya saja, cuma satu tim yang dipastikan lolos ke putaran final. Sebab, hanya juara grup yang diizinkan lolos otomatis ke putaran final.

Meski begitu, kontestan dari Grup K berpotensi besar meloloskan wakil lewat jalur runner-up terbaik. Sebab, selisih gol mereka sangatlah baik, mengungguli kontestan di grup lain. Sekadar informasi, selain 11 juara grup, akan diambil empat runner-up terbaik untuk tampil di Piala Asia U-19 2020.

Status empat runner-up terbaik itu besar kemungkinan disabet Thailand atau Malaysia. Bahkan Malaysia saat ini menduduki runner-up terbaik karena telah mengoleksi enam angka, plus memiliki selisih gol mencapai +12!

Karena itu, tidak ada alasan bagi Timnas Indonesia U-19 untuk tidak menang telak atas Hong Kong. Ditakutkan jika di laga terakhir takluk dari Korea Utara, Indonesia masih bisa lolos melalui jalur empat runner-up terbaik berkat selisih gol yang mentereng.

Meski begitu, optimisme mesti dipancarkan kepada Timnas Indonesia U-19. Potensi Timnas Indonesia U-19 menyapu bersih dua pertandingan sisa di Kualifikasi Piala Asia U-19 2020 dengan kemenangan tetap terbuka.

 

BERITA REKOMENDASI