Timnas Indonesia U-22 Bisa Lolos ke Semifinal, Ini Kalkulasinya

Editor: KRjogja/Gus

MANILA, KRJOGJA.com – Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-22 berpeluang lolos ke semifinal SEA Games 2019. Skuad Garuda Muda –julukan Timnas Indonesia U-22– hanya butuh menang 1-0 atas Laos pada Kamis 5 Desember 2019 malam WIB untuk memastikan tempat di babak semifinal SEA Games 2019.

 

Saat ini setelah melalui empat pertandingan, puncak klasemen Grup B ditempati Vietnam dengan koleksi 12 angka (surplus 13 gol). Kemudian, posisi dua dan tiga ditempati Indonesia (surplus 11 gol) dan Thailand (surplus 10 gol) yang sama-sama mengoleksi sembilan poin.

Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan menempati posisi yang lebih baik ketimbang Thailand karena mereka unggul selisih gol atas sang rival. Sekadar informasi, ketika ada dua tim atau lebih memilki koleksi poin yang sama, selisih gol dijadikan tolok ukur penentuan posisi tim di klasemen.

BACA JUGA: Jadwal Siaran Langsung Timnas Indonesia U-22 vs Laos di RCTI

Sebenarnya tanpa meraih kemenangan pun, Indonesia masih bisa lolos asalkan di laga lain Vietnam menang atas Thailand. Ambil contoh Indonesia kalah 0-1 dari Laos, sedangkan Vietnam menang 1-0 kontra Thailand. Andai kondisi itu terjadi, poin Indonesia dan Thailand sama-sama sembilan poin, namun skuad Garuda Muda memiliki selisih gol yang lebih baik ketimbang Gajah Perang.

Bagaimana ceritanya jika Thailand menang atas Vietnam? Andai kondisi di atas terjadi, Timnas Indonesia wajib menang atas Laos. Jika Thailand menang 1-0 atas Vietnam, dan di laga lain Indonesia juga menang 1-0 atas Laos, Vietnam dan Indonesia yang akan lolos. Koleksi poin ketiganya memang akan sama yakni 12 angka.

Hanya saja, Vietnam dan Indonesia unggul selisih gol atas Thailand, yakni suprlus 12 gol berbanding 11 gol milik Thailand. Bagaimana jika Thailand menang 2-0 atas Vietnam, dan di laga lain Indonesia menaklukkan Laos 1-0?

Jika kondisi di atas yang terjadi, Indonesia dan Thailand yang akan lolos. Sebab, Indonesia dan Thailand sama-sama surplus 12 gol, sedangkan Vietnam hanya 11. Karena itu, menarik menanti tim mana yang nantinya lolos ke semifinal SEA Games 2019.

 

BERITA REKOMENDASI